Semarak Hari Kunjung Perpustakaan di Arpusda Yogya

Semarak Hari Kunjung Perpustakaan di Arpusda Yogya

Bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan pada tanggal 14 September 2016,  Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan. Aneka ragam kegiatan yang digelar antara lain, Festival Literasi, Diskusi Komunitas, Semarak Hari Kunjung Perpustakaan dan Diskusi Buku Perpustakaan. Seluruh kegiatan ini bersifat gratis atau tidak dipungut biaya.

Kepala Kantor Arpusda Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko SE MM mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengingatkan kembali masyarakat akan arti pentingnya perpustakaan untuk dikunjungi dan dimanfaatkan. “Sebenarnya banyak hari istimewa perpustakaan salah satunya hari kunjung perpustakaan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk Festival Literasi telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 September 2016 pukul 09.00-12.00 WIB dan hari Rabu pukul 13.30-16.00 WIB. Kegiatan ini berupa pelatihan kepenulisan bagi siswa-siswa SMP/MTs sejumlah 50 orang. Materi pelatihan antara lain berupa membuat artikel layak terbit dan literasi informasi berbasis TI. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Kantor ARPUSDA dengan ATPUSI DIY.

Diskusi Komunitas telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 September 2016 pukul 08.30-12.00  WIB. Kegiatan ini berupa forum sarasehan antar komunitas dan penggerak perpustakaan dan minta baca se-DIY dalam rangka bersinergi meningkatkan minat baca masyarakat. Peserta yang hadir  antara lain IPI, GPMB, ATPUSI, FPSI, LIBERTY, ALUS, Forum Motor Keliling, IPD, dan sebagainya. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Kantor ARPUSDA dengan GPMB  di Yogyakarta.

Sedangkan Semarak Hari Kunjung Perpustakaan dilaksanakan pada hari Rabu 14 September 2016 di Perpustakaan Kota Yogyakarta mulai jam buka pukul 08.00 WIB sampai dengan jam tutup layanan pukul 20.00 WIB. Kegiatan ini berupa sosialisasi kepada masyarakat  akan arti pentingnya perpustakaan untuk mereka manfaatkan.

“Seiring penyambutan hari kunjung perpustakaan ini, pada hari istimewa tersebut segenap personalia layanan berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu layanannya kepada masyarakat dengan pelayanan istimewa. Pada hari tersebut juga disiapkan pula welcome drink dan doorprize yang menarik bagi pengunjung,” ujarnya.

Untuk Diskusi Buku Perpustakaan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2016 pukul 14.00-16.00 WIB dalam rangka menguatkan semangat kepenulisan bagi anak-anak. Diskusi buku kali ini akan mengangkat buku karya anak dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dalam bidang perbukuan dan dunia anak. (Ita)