World Business Times  Tertarik Promosikan Kota Yogyakarta

 

World Business Times (WBT) bekerja sama dengan surat kabar Inggris tertarik untuk mempromosikan Kota Yogyakarta pada dunia. Project Manager Indonesia WBT Fransisco Davila menemui Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Ruang Kerja Walikota pada Jumat, (9/916). Dalam pertemuan ini Fran dan Haryadi mendiskusikan Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan dan Kota pariwisata.

Fran mengatakan adalah penting bagi Kota Yogyakarta untuk mempromosikan kotanya kepada dunia. Penting bagi Kota Yogyakarta agar Kota Yogyakarta semakin dikenal di mata dunia. Selain Bali, dunia perlu lebih mengenal Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan dan Kota Pariwisata. Kota Yogyakarta adalah kota yang menarik untuk dijadikan tempat untuk berinvestasi.

Haryadi mengatakan Pemerintah Kota Yogyakarta berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif. Sejak Januari 2014, memang pemberian izin pendirian hotel sudah dihentikan sementara agar persaingan di Kota Yogyakarta dapat terjadi secara sehat. Selain itu, moratorium hotel juga dilakukan agar pemerintah dapat menata lalu lintas dan lingkungan.

Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan dapat dilihat dari Pemerintah Kota Yogyakarta yang berusaha mendorong masyarakatnya untuk bersekolah. Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan dukungan berupa akses pendidikan yang terbuka luas bagi masyarakat miskin. Selain pendidikan, akses kesehatan juga terbuka luas. “Masyarakat tidak mampu dijamin kesehatannya oleh BPJS dari Pemerintah Pusat dan juga jaminan kesehatan dari Pemerintah Kota Yogyakarta,” katanya.

Haryadi kemudian melanjutkan, sebagai tujuan wisata, Yogyakarta adalah tempat yang sangat menarik. Walikota Yogyakarta ini mengatakan, Yogyakarta sebagai kota wisata mengandalkan budaya. Daerah ini berbeda dengan daerah lain di Indonesia. “Disini, seperti yang sudah banyak diketahui orang, Raja Yogyakarta juga adalah sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal inilah yang menarik bagi orang-orang luar Jogja,” ucapnya. Orang ingin mengetahui lebih banyak tentang Keraton Yogyakarta. Keunikan ini sering ditunjukkan dalam bentuk atraksi-atraksi  budaya.

Diakhir pertemuan Haryadi menyampaikan apresiasinya pada WBT yang sudah memberikan kesempatan kepada Kota Yogyakarta untuk dipromosikan kepada dunia. Haryadi berharap melalui WBT dunia akan semakin mengenal Yogyakarta lebih baik.(Nade)