Dorong Lansia Terus Berkarya, Suryodiningratan Adakan Kejuaraan Senam dan Sarasehan

Usia Lanjut Usia (Lansia) bukan penghalang seseorang untuk terus berkarya. Untuk menciptakan iklim sehat, khususnya bagi warga Lansia, pada Minggu pagi (4/9/2016), Kelurahan Suryodiningratan, Kecamatan Mantrijeron, sukses mengadakan Kejuaraan Senam dan Sarasehan Lansia.

“Semoga Warga Lansia tetap sehat semangat dan terus berkarya. Jayalah Lansia Suryodiningratan!” ujar Lurah Suryodiningratan, Retno Pudyastuti.

Kejuaraan senam yang diselenggarakan di Lapangan Minggiran tersebut diikuti oleh perwakilan kelompok dari masing-masing RW dan dibuka oleh Camat Mantrijeron, Guritno.

Sebanyak 17 kelompok Lansia ikut memeriahkan kejuaraan yang dihadiri oleh perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka), di antaranya Kepala Puskesmas Mantrijeron dan Kapolsek Mantrijeron.

Juri kejuaraan diamanahkan pada Ketua TP PKK Kecamatan Mantrijeron, Ari Guritno. Terlebih, ia berprofesi sebagai instruktur senam. Juri yang lain berasal dari Paguyuban Lansia Kota Yogyakarta.

Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim Juri, ditetapkan 5 Kelompok yang berhasil mendapatkan predikat juara. Juara pertama diraih RW 13, Juara kedua RW 09, Juara ketiga RW 12, Juara keempat RW 08, dan Juara kelima RW 06.

Hadiah lomba berupa uang pembinaan diserahkan oleh Lurah Suryodiningratan kepada perwakilan masing-masing kelompok.
Kejuaraan Senam Lansia ditutup dengan Sarasehan guna menambah pengetahuan sekaligus ajang berbagi untuk para Lansia di wilayah Kelurahan Suryodiningratan.

Sarasehan diisi oleh beberapa narasumber yang ahli di bidangnya, yakni dr. Bambang Suryadi (Dokter Spesialis THT), Retno Indarti (Herbalis), H. Darodji (Lansia pelaku UMKM andal pemilik Gandem Marem Sound System), dan Aisah Indati (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada).

Keaktifan Lansia

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Hadi Muhtar, mengatakan, saat ini, keaktifan Lansia di Kota Yogyakarta cukup tinggi. Hal itu ia sampaikan saat Pengukuhan Pengurus Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) masa bakti 2015-2018, Senin (14/8/2016) lalu, di Ruang Utama Atas, Kompleks Balaikota Yogyakarta.

“Saat ini sudah 37 dari 45 kelurahan yang kegiatan Lansia-nya cukup aktif. Untuk mengajak Lansia agar tetap aktif memang gampang-gampang susah. Hal ini harus diperhatikan secara khusus agar mereka mau berpartisipasi dalam kegiatan yang meningkatkan daya guna dan kualitas mereka,” terangnya.

Menurut data Kementerian Sosial, pada 2015, jumlah Lansia di Indonesia mencapai 16 juta orang. Dalam kurun waktu 10 tahun ke depan, jumlah Lansia akan bertambah 5 kali lipat.  (Selfrina Scundaria Nugraheni/Mantrijeron)