Hubungi  0274 - 4331351   Mobil Jenazah Siap Layani Gratis Penduduk dan PNS Kota Jogja

Pelayanan Mobil Jenazah yang selama ini tersebar di beberapa tempat dan  panti asuhan kini dipusatkan menjadi satu tempat di Kompleks Balaikota Yogyakarta, jl. Kenari 56 Timoho, Kota Yogyakarta. Ada 6 unit armada dengan 15 pengemudi siap memberikan pelayanan selama 24 jam penuh. Pelayanan ini diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Layanan Mobil Jenazah  dikhususkan bagi penduduk Kota Yogyakarta yang meninggal di wilayah Kota Yogyakarta atau di rumah sakit di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mobil Jenazah ini juga diperuntukkan bagi karyawan Pemerintah Kota Yogyakarta  beserta keluarganya yang meninggal di wilayah DIY.

Mekanisme pelayanan Mobil Jenazah khusus penduduk kota Yogyakarta adalah setelah mendapat telepon pemberitahuan atau permintaan keluarga duka, petugas segera mengambil jenazah penduduk Kota Yogyakarta dari tempat / rumah sakit di  wilayah DIY menuju rumah duka di wilayah Kota Yogyakarta. Selanjutnya, pemakaman jenazah penduduk kota Yogyakarta, petugas  melayani dari rumah duka di wilayah Kota Yogyakarta menjuju pemakaman di wilayah DIY.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga kerja dan Transigrasi, H. Hadi mochtar SE, MM menambahkan mobil jenazah ini memberi pelayanan bagi warga berpenduduk dan PNS Kota Yogyakarta  yang akan memakamkan jenazah keluarganya di wilayah DIY dan Jawa Tengah secara terbatas. “ Layanan mobil jenazah ini dapat menjangkau wilayah Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, Magelang, Wonosobo, Temanggung, AmbarawaSalatiga, Klaten, Boyolali, Kartusuro, Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan tentu saja dalam kota Yogyakarta itu sendiri,”ujar Hadi Mochtar saat ditemui di lokasi peresmian Kantor Pelayanan Mobil Jenazah, Kamis, (01/09/2016) pagi.

Syarat Administrasi

Warga masyarakat yang akan menggunakan jasa layanan Mobil Jenazah ini dapat menghubungi nomor telpon (0274) 4331351. Keluarga hanya dimintai menyerahkan syarat administrasi berupa foto copy surat keterangan kematian dari rumah sakit atau RT/RW; fotocopy TP/KIA/KK yang meninggal; Fotocopy KTP/KK penanggung jawab.  Khusus karyawan Pemerintah Kota Yogyakarta menyertakan juga surat keterangan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bersangkutan.  Surat surat kelengkapan ini harus disiapkan dan diserahkan kepada petugas saat mobil jenazah tiba di tempat.

Kepala Dinsosnakertran  Kota Jogja, Hadi Mochtar berharap surat surat itu disiapkan oleh keluarga terlebih dahulu sehingga saat petugas datang dapat langsung diserahkan. “Kalau  misalnya belum lengkap yang penting telpon dulu ke petugasnya. Tapi syarat syarat itu  itu wajib diserahkan ke petugas,” harapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan, Drs. H. Achmad Fadli berharap dengan dipusatkannya mobil pelayanan jenazah di satu tempat (di Balaikota) koordinasi akan lebih baik lagi dan pelayanan juga berjalan lebih baik dan optimal. “Ya, sebelumnya mobil mobil ini, ada di panti asuhan. Sekarang sudah menjadi satu di sini (Balaikota). Saya harap koordinasi lebih muda. Pelayanan kepada masyarakatdiharapkan akan lebih baik lagi dan lebih optimal,” harap Fadli.

Saryana salah seorang sopir menuturkan bahwa dirinya sudah 4 tahun menjadi sopir mobil jenazah milik Pemkot Yogyakarta itu. Saryana  tidak mengalami kendala dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat apalagi kejadian yang aneh.

Dirinya dan teman temannya telah dibekali untuk melayani dengan baik kepada masyarakat yang membutuhkan. Tidak jarang pula mereka harus ikut menggotong jenazah untuk dibawa masuk atau keluar dari mobil. “Kadang kami ya, ikut bantu gotong. Kasihankan kalau kami hanya menonton saja, Itu sudah terbiasa kami lakukan. Pokoknya melayani dengan tulus iklas,” ujar Saryana.

Setelah Pelayanan Mobil Jenazah dipusatkan menjadi satu di Balaikota, Saryana merasa senang. Karena akan memudahkan dirinya  berkomunikasi dan berkoordinasi dengan rekannya yang  lain. Saryana dan temannya  dibagi dalam tiga shift.  Mereka selalu siap 24 jam.

Kantor pelayanan Mobil Jenazah juga cukup representatif. Ada ruang jaga dilengkapi telepon. Juga disiapkan ruang berustirahat, kamar mandi/wc dan dapur sederhana. (@mix)