Kampung Purbonegaran Terban Masuk Zona Kece

                Kampung Purbonegaran Kelurahan Terban Kecamatan Gondokusuman lebih tepatnya wilayah RT 49 RW 11 telah berhasil menyisihkan lebih dari 14 ribu kampung se-Indonesia dalam program Zona Kece Net TV. Atas kreatifitas warga dalam mengelola lingkungannya kini RT 49 masuk tujuh besar nominasi Zona Kece Net TV dan bersaing dengan enam nominasi lainnya yang berasal dari Jakarta, Cirebon, Sumenep, Tasikmalaya, Bandung dan Karawang.

                Sebelum maju ke babak selanjutnya di Jakarta pada 2 September mendatang, pengurus dan tokoh masyarakat RT 49 RW 11 Kampung Purbonegaran didampingi Lurah Terban dan Camat Gondokusuman melakukan audiensi kepada Walikota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti, Rabu (31/8) di ruang kerjanya. Turut mendampingi Walikota, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta.

                “ Tujuan kami silaturahmi dengan Bapak Walikota untuk memohon doa restu, wilayah kami masuk nominasi tujuh besar Zona Kece yang diadakan Net TV. Apapun hasilnya nanti selama di Jakarta, kami tetap bersyukur atas kerja keras dan guyub rukun warga dalam mengelola lingkungan kampung,” kata Hadi Sutarmanto.

                Warga RT 49 RW 11 Purbonegaran berhasil mengelola lahan sempit di wilayahnya menjadi lahan produktif yang bisa ditanami aneka macam sayur dan buah. Tak hanya itu, warga juga memanfaatkan ruang publik untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Seperti memanfaatkan pos ronda untuk media bersosialisasi antar warga.

                “Kami juga memiliki ruang publik Sanggar Belik Kid sebagai tempat anak-anak berkumpul dan belajar setiap sore dan malam hari. Guyub rukun warga untuk menjaga dan menghijaukan kampung sangat tinggi,” katanya.

                Walikota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti mengapresiasi guyup rukun warga RT 49 RW 11 yang berhasil mengalahkan ribuan kampung di Indonesia. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk menjadikan sebuah kampung nyaman untuk warganya, yakni bersih, tertib dan aman.

“Guyup rukun warga RT 49 sangat bagus semoga bisa menjadi contoh kampung-kampung lain. Dalam hidup di masyarakat itu yang penting bersosialisasi dan kerja sama yang baik sehingga banyak saudara,” katanya. (Ita)