Kwartir Cabang Kota Yogya Tergiat Se DIY

Prestasi gemilang berhasil diraih Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogya. Berkat kesungguhan dan kerja keras dalam melakukan pembinaan, Kwarcab Kota Yogya dinobatkan sebagai Kwarcab Tergiat terbaik pertama se-Kwartir Daerah (Kwarda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Has­il ini berdasarkan penilaian langsung tim penilai dari K­warda, Kwarcab Kota Yogya mendapat poin te­rtinggi dibanding Kwarcab Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul yang secara berurutan mer­aih juara II-V.

Menurut ketua Kwarda DIY, GKR Mangkubumi, dalam penilaian tersebut aspek yang dinilai Kwarda di antaranya ketersediaan gedung­ sekretariat berikut kelengkapannya sepe­rti barang inventaris maupun ruangan ket­ua, tata usaha, pelatih, serta ruangan l­ainnya.

“Kemudian tata kelola administra­si baik surat-menyurat maupun pelaporan ­keuangan juga tak luput dari penilaian,”­ ungkapnya usai acara di halaman Balaikoota Yogyakarta, Sabtu (27/8).

Selain itu, lanjutnya, tim penilai juga menilai keaktifan Kwarcab Kota Yogya selama lima tahun terakhir, terutama menyangkut pelaksanaan kegiatan kepramukaan seperti Kursus Mahir Dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjutan (KMLP), serta Kursus Pelatih Dasar atau KPD.

Ketua Kwarcab Kota Yogya, Ahmad Fadli menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut, menurutnya penghargan yang sudah diraih tidak terlepas dari kerja sama seluruh anggota pramuka dan  pengurus yang selama ini terus memberikan dedikasi  dan pengabdian tanpa henti.

“Penganugrahan ini merupakan suatu prestasi yang diraih dengan semangat yang tak mudah luntur dan tidak instan. Butuh waktu lima tahun persiapan, sehingga anugrah Kwarcab Tergiat se-DIY bisa kita raih,” ungkapnya.

Ia berharap jajaran Pramuka Kwarcab Kota Yogya untuk tetap semangat dan termotivasi untuk terus bersinergi dengan semua pihak dan sebagai bekal untuk membuktikan bahwa kita mampu melakukan dan kita mampu mempertahankan.

Walkota Yogyakarta, Haryadi Suyuti selaku Ketua Mabicab mengharapkan kepada seluruh jajaran pengurus Kwarcab, Pembina dan Anggota Pramuka di Kota Yogya agar prestasi tersebut tidak menjadikan mereka lengah.

“Justru harus menjadi pemacu untuk terus melakukan pembinaan, peningkatan dan pengembangan khususnya pada bidang-bidang yang dirasa masih kurang” ujarnya. (Han)