Kampung Yudonegaran Gelar Malam Tirakatan

Warga Kampung Yudonegaran, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan Kota Yogya Sabtu malam (27/8) menggelar Malam Tirakatan untuk memeriahkan HUT RI ke 71 di halaman SMA Gajah Mada yang dihadiri ratusan warga setempat.

Sejak selepas Isya' ratusan warga mulai dari anak-anak hingga orang tua mulai berkumpul untuk mengikuti acara tirakatan.

Habi selaku ketua acara tersebut mengatakan, acara tirakatan sudah menjadi agenda tahunan di kampungnya.

Ia menjelaskan selain untuk memperingati hari kemerdekaan dan mengenang jasa pahlawan yang telah gugur, acara tirakatan tersebut juga menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh kampung Yudonegaran yang terdiri dari RW 1 – RW 3.

Ia berharap generasi muda menjadi pahlawan-pahlawan masa depan yang mampu memajukan dan membawa nama harum bangsa Indonesia

"Dengan tradisi ini, diharapkan para generasi berikutnya bisa mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif," katanya.

Dalam acara tirakatan kali ini, ditampilkan beberapa hiburan seperti, paduan suara, pentas musik, senam lansia dan berbagai hiburan lainnya.

Diawali dengan pembacaan Pancasila dilanjukan mengheningkan cipta untuk mendoakan para pahlawan kemerdekaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Camat Gondomanan, Agus Arief Nugroho yang juga hadir dalam acara tersebut, mengajak para segenap masyarakat untuk mensyukuri kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 untuk tetap berjuang sebagai mana halnya dulu para pahlawan berjuang dan mempertahankan kemerdekaan.

“Tentu berjuangnya berbeda, tidak lagi berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah. Tapi berjuang mengisi kemerdekaan dengan menjadi warga negara yang baik dan ikut aktif mensukseskan program pembangunan. Berjuang memajukan keluarga, masyarakat sekitar dan bangsa negara” tandasnya. (Han)