Wujud Kepedulian Kementerian BUMN dan Pemkot, Pasar Giwangan akan Dilengkapi TPA

Kementerian BUMN bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pengelokaan Pasar (Dinlopas) dan Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta akan membangun Tempat Penitipan Anak (TPA) di Pasar Giwangan. Program ini merupakan bagian dari rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 71.

Diungkapkan oleh Maryustion Tonang selaku Kepala Dinlopas Kota Yogyakarta, Pembangunan TPA ini merupakan bentuk kepedulian Kementerian BUMN bersama Pemerintah Kota Yogyakarta kepada masyarakat, terutama pedagang Pasar Giwangan beserta anak mereka

“Dengan adanya TPA ini, diharapkan nantinya pedagang Pasar Giwangan dapat menitipkan putra-putrinya di TPA sambil tetap melakukan aktivitas berdagang di pasar” Tutur Tion usai acara peletakan batu pertama pembangunan TPA di lantai 2 Pasar Giwangan, Rabu (17/8) pagi.

Lebih lanjut, Martyustion mengatakan, kehadiran TPA yang akan dikelola oleh Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mewujudkan Kota Layak Anak, karena dengan adanya kehadiran TPA, maka tumbuh kembang serta pendidikan anak pedagang pasar Giwangan tidak akan terabaikan ketika orangtua mereka sibuk berdagang di pasar

“TPA ini akan dilengkapi dengan berbagai permainan edukatif, perpustakaan, serta ruang laktasi sehingga anak-anak pedagang tetap dapat terfasilitasi tumbuh kembang dan pendidikannya ketika orangtuanya sibuk berdagang. Bagaimanapun juga anak-anak merupakan generasi penerus pembangunan yang harus dijaga perkembangannya, jangan sampai mereka terabaikan karena kesibukan orangtuanya mencari nafkah. Hal tersebut sebenarnya juga sudah lama menjadi concern Pemkot dengan kehadiran TPA di Pasar Beringharjo yang berjalan dengan cukup baik ” Tambah Tion.

Acara Peletakan Batu Pertama TPA ini dihadiri oleh Staf Khusus 1 Menteri BUMN, Sahala Lumban gaol beserta jajaran direksi BUMN yang terlibat dalam pembangunan TPA, yakni PT Kereta Api Indonesia, PT Primissima, Barata Indonesia, serta, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Dikatakan oleh Sahala, Pembangunan TPA merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Program tersebut merupakan bentuk sinergi dari seluruh BUMN di bawah koordinasi Kementerian BUMN bersama Pemerintah Daerah yang bertujuan agar kehadiran BUMN dapat dirasakan manfaatnya secara langsung bagi warga masyarakat Indonesia.