Panwaslu Kecamatan seKota Jogja Dilantik

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum kepala daerah Kota Yogyakarta Agus Muhammad Yasin mengambil sumpah dan melantik 42 anggota Panwaslu Kecamatan. Pelantikan dilakukan di halaman museum benteng Vredeburg Yogyakarta, Senin,(01/07/2016) pagi.

Agus menjelaskan sejak bulan Juni 2016 Panwaslu kota Yogyakarta telah memulai kegiatannya dengan melakukan publikasi. Kemudian dilanjutkan dengan seleksi administrasi, test tertulis dan wawancara kepada calon Panwascam dari 14 kecamatan di Kota Yogyakarta. Sebanyak 42 orang terpilih sebagai Panwascam. Agus menambahkan dari 42 anggota Panwascam terpilih 30 persen ada unsur keterwakilan dari perempuan." Ada tiga puluh persen keterwakilan dari perempuan. Bahkan, ada kecamatan yakni dari kecamatan Wirobrajan semuanya perempuan. Dan 75 persen wajah wajah baru," ujar Agus.

Agus menambahkan seusai pelantikan anggota panwascam akan melakukan.sosialisasi di tiga titik yakni depan Musum Benteng Vredeburg, Titik Nol Kilometer atau Kantor Pos Besar dan di kecamatan Gondomanan. Selain itu, Panwaslu dan Panwascam akan memasang spanduk berisi himbauan kepada masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya pemilihan umum untuk memilih Walikota dan Walikota 2017. "Kami juga membagikan stiker himbauan untuk mengingatkan masyarakat bahwa suksesnya pemilu merupakan tanggung jawab kita semua," tambah Agus.

Pasca pelantikan ini, Panwaslu Kota Yogyakarta akan segera berkordinasi dengan stakeholder di masing masing kecamatan. Mengingat Panwascam akan merekrut anggotaPPL dan PPS di bulan September nanti. Panwaslu dan Panwascam dalam waktu dekat ini pula akan melakukan pengawasan pemutahiran data pemilu yang dikeluarkan oleh KPU. "Juga termasuk pengawasan terhadap calon yang maju melalui jalur independen,"tambah Agus.

Menurut Agus secara normatif hingga saat ini mereka belum melakukan tindakan penindakan. Yang dilakukan baru tindakan pecegahan atau preventif agar tidak terjadi pelanggaran,"pungkasnya. (@mix)