Sambut Hari Kemerdekaan, Wawali Kerja Bakti Bareng Warga

Beberapa hari menjelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71, Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono dan sejumlah warga di RW 5 kelurahan Purbayan. Kecamatan Kotagede, Kota Yogya melakukan kerja bakti untuk mepercantik lingkungannya. 

Para warga terlihat sangat antusias mengikuti kerja bakti untuk mempercantik lingkungannya. Beberapa warga terlihat sedang mengecat bak sampah, jalan, dan juga tiang bendera. Selain itu terlihat pula para warga yang sedang bekerjasama untuk bisa memasang umbul-umbul di kanan kiri jalan depan rumah warga.

Lurah Purbayan, Waris Sumarwoto mengaku bahwa kerja bakti mempercantik lingkungan sudah menjadi tradisi bagi warga setempat dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

"Dimulai dari kerja bakti membersihkan rumahnya masing-masing kemudian dilanjutkan dengan mempercantik lingkungan termasuk didalamnya melakukan pengecatan dan juga pemasangan umbul-umbul, yang beda kali ini kami kerja bakti bareng Pak Imam" jelasnya di sela-sela kerja bakti, Minggu (31/7).

Setelah menggelar kerja bakti, Wawali dan seluruh warga berkumpul di balai RW untuk menggelar makan bersama. Untuk acara ini, para warga yang terdiri dari ibu-ibu, bertugas untuk menyiapkan hidangan bagi bapak-bapak yang beristirahat setelah kerja bakti.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono mengapresiasi sikap masyarakat RW 05 Purbayan. Menurutnya, pelaksanaan kerja bakti secara sukarela menunjukan rasa nasionalisme yang tinggi di kalangan masyarakat.

"Yang pasti saya sangat berterima kasih dengan partisipasi masyarakat. Ini sangat positif dan perlu ditiru oleh semua pihak," katanya.

Dikatakannya, perjuangan bukan hanya untuk memperebutkan kemerdekaan semata. Sebagai generasi penerus, perjuangan dapat diwujudkan dengan perbuatan yang positif atau sebuah implementasi terhadap kemerdekaan.

"Kegiatan sekecil apapun yang kita berikan sama saja dengan berjuang. Dengan harapan, kegiatan ini dapat menular ke masyarakat agar dapat peduli terhadap lingkungan," katanya.

Imam berharap, kegiatan serupa yang sudah menjadi tradisi dapat dilakukan secara terus menerus di tahun-tahun mendatang.

“Saya berpesan, ini jangan sampai dilupakan. kegiatan kerja bakti sudah menjadi tradisi warga sehingga perlu terus dilestarikan. Terutama para remaja yang harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini,” ungkapnya. (Han)