Pemkot Jajaki Kerjasama dengan Unhan

Pemerintah Kota Yogyakarta pada hari Kamis (28/7) menerima kunjungan dari Tim Sosialisasi Universitas Pertahanan (Unhan). Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Dadang Gunawan, M.Eng diterima oleh Walikota Yogyakarta,Drs. H. Haryadi Suyuti didampingi oleh Sekretaris Daerah, Dra. RR. Titik Sulastri, Asisten Administrasi Umum, Dra. M.K. Pontjosiwi, Kepala Bappeda, Edy Muhammad, Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Kepegawaian Daerah, Suyono, serta  Kepala Sub Bagian Kerjasama Bagian P3ADK, Nindyo Dewanto di Ruang Nakula, Kompleks Balaikota.

Diungkapkan oleh Dadang, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menjalin kerjasama antara Unhan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta. Dadang berharap ke depannya UNHAN bisa menjadi salah satu tujuan studi bagi jajaran pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta “Universitas Pertahanan membuka kesempatan baik pada perwira TNI maupun sipil untuk memperdalam ilmu Pertahanan, untuk itu kami mengundang PNS di lingkungan Pemkot Yogyakarta untuk turut menimba ilmu di Unhan, saat ini kami memiliki program beasiswa S2 untuk beberapa program studi yang terdapat dalam tiga Fakultas, yakni Strategi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, dan Keamanan Nasional” Ungkap Dadang.

Walikota Yogyakarta sendiri menyambut baik kerjasama tersebut, menurut Walikota, kondisi Yogyakarta sebagai miniatur Indonesia cukup berpotensi mengundang konflik “Yogyakarta sebagai kota pelajar menjadikan Yogyakarta tujuan bagi pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah. Kebhinekaan ini jika tidak dikelola dengan baik berpotensi mengundang konflik. Maka, jajaran pemerintah perlu memplejarai ilmu pertahanan, khususnya program studi manajemen peertahanan serta program studi damai dan resolusi konflik agar memahami potensi konflik yang ada” Jelas Walikota.

Lebih lanjut, Walikota juga meminta agar aparat pemerintah di lingkungan Pemkot Yogyakarta untuk terus giat menimba ilmu, salah satunya dengan mengambil program S2 “Saya berharap aparat di lingkungan Pemkot Yogyakarta selalu meningkatkan ilmu lebih-lebih dalam menghadapi MEA, yang kita perlukan bukan sekedar kuantitas, namun juga kualitas. Sekolah bukan cuma mencari ilmu namun juga membangun mindset” Tutur Walikota.

Unhan, atau secara internasional dikenal dengan nama Indonesia Defense University (IDU) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mengkhususkan pada studi pertahanan setingkat S2. Universitas yang berdiri pada tahun 2009 ini membuka kesempatan baik bagi perwira TNI maupun sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. (ams)