135 PPS dan 70 PPK Dilantik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogya melantik 70 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 135 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Yogya untuk pemilihan Walikota/Wakil Walikota tahun 2017.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Yogya,Wawan Budiyanto mengatakan bahwa, pelantikan PPK dan PPS ini merupakan, merupakan tahapan awal dimulainya pemilukada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.

“Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota adalah sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat, guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis, serta mempunyai integritas, profesionalitas, serta akuntabilitas yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, “ katanya di plasa SO1 Maret, Rabu (20/7)

Lebih lanjut Wawan mengatakan bahwa, dalam penyelenggarakan pemilu nantinya akan tetap diawasi oleh oleh panitia pengawas, agar perhelatan besar yang akan digelar ini dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta aman dan damai hingga diharapkan tidak menimbulkan masalah dan konflik.

“PPK dan PPS yang sudah dilantik, agar dapat menjadi mitra kerja yang baik bagi KPU Kota Yogya mendatang dan juga dapat memberikan kinerja yang baik semata mata untuk kepentingan bersama dan Negara, “ ujarnya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan semoga pelantikan ini akan membawa manfaat yang lebih besar, utamanya bagi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2017 di Kota Yogyakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Pada tanggal tersebut, masa depan Kota Yogya akan ditentukan melalui pemilihan Walikota dan Wakil Walikota yang akan memimpin kota tercinta ini selama 5 tahun ke depan” katanya.

Menurutnya Pelantikan PPK dan PPS tersebut merupakan variabel penting pendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada. Mengingat KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan lembaga yang independent memiliki tanggung jawab yang berat, sehingga peran PPK dan PPS dalam membantu dan bekerja sama secara sinergis mutlak diperlukan.

“PPK sebagai koordinator di tingkat Kecamatan dan PPS di tingkat kelurahan memiliki peran yang sangat signifikan dalam kelancaran dan kesuksesan seluruh tahapan Pilkada di wilayah” ujarnya

Untuk itu, lanjutnya, kami mengharapkan anggota PPK dan PPS yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengawal proses Pilkada agar dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

“Saya mengharapkan Bapak/Ibu anggota PPK dan PPS se-Kota Yogyakarta yang baru dilantik dapat menjadi tokoh-tokoh dalam menegakkan sendi-sendi demokrasi di Kota Yogyakarta. Tugas ini adalah amanah, untuk itu kejujuran Bapak/Ibu sangat diperlukan sesuai dengan sumpah dan janji yang telah diucapkan.” Harapnya (Han)