Walikota Lepas Pemudik Kembali ke Jakarta

Minggu (17/7) sore, bertempat di Stadion Kridosono, Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti melepas sekitar 1000 pemudik kembali ke Jakarta.  Dalam acara mudik gratis yang difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan tersebut, para pemudik diantar kembali ke Jakarta menggunakan 27 bus berkapasitas 40 penumpang.

Walikota menuturkan, fasilitasi mudik gratis ini merupakan hal yang perlu dilestarikan karena memudahkan para pemudik yang berkunjung dari Jakarta ke Yogyakarta “Ini merupakan beentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang tidak tertampung di manajemen angkutan lebaran tahun ini” Tutur Walikota yang pada kesempatan ini didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudho serta Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Haryanta.

Lebih lanjut, walikota berharap dengan adanya kegiatan ini, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor akan terus berkurang “Semoga ke depannya semakin banyak pemudik yang memanfaatkan mudik gratis ini dan mampu mengurangi pemudik dengan kendaraan pribadi, karena seperti kita tahu, selain menimbulkan kemacetan, mudik  dengan kendaraan pribadi, khususnya motor memiliki resiko yang cukup tinggi” Jelas Walikota.

Sementara itu, dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan Propinsi DIY, Sigit Haryanta, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan tujuan Yogyakarta terus berkurang setiap tahunnya. “Jumlah sepeda motor yang masuk ke wilayah DIY pada masa mudik tahun ini mengalami penurunan, pada tahun lalu jumlah yang berkurang sebnyak 2%, sementara untuk tahun ini berkurang sekitar 3%” Urai Sigit.

Lebih lanjut, terkait dengan pengamanan lalu lintas Lebaran tahun ini, Propinsi DIY dinilai cukup berhasil dengan meminimalisir jumlah kecelakaan maupun kemacetan lalu lintas “Pengamanan yang dilakukan meliputi Ram Check, rekayasa lalu lintas, dan pengawasan awak kendaraan. Untuk tahun ini DIY cukup berhasil menerapkan zero accident. Untuk itu, jajaran pemerintah baik propinsi maupun kabupaten kota serta kepolisian akan mendapat piagam dari Kementerian Perhubungan” Pungkas Sigit (ams).