Buka Puasa Bersama Penghuni Panti Asuhan, Walikota Tekankan Pentingnya Berbagi

Mengisi Bulan Suci Ramadan 1437 H, Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti beserta jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan acara buka puasa bersama penghuni panti asuhan se-Kota Yogyakarta. Acara yang didukung oleh PT Sari Husada, Bank BPD DIY, Bank Jogja, Galleria Mal, serta Yayasan Yatim Mandiri  ini diadakan di halaman Balaikota, Rabu (29/6) petang.

Walikota, dalam sambutannya menekankan pentingnya berbagi, dikatakan oleh Walikota, Ramadan, selain dimaknai sebagai bulan suci dan penuh maghfirah, juga merupakan bulan penuh berkah dan keberkahan tersebut dapat diraih dengan berbagi.  “Kunci keberkahan adalah berbagi. Harapan saya anak-anak sekalian mampu menjadi orang yang suka memberi dan selalu berkesempatan untuk berbagi. Maka doktrinlah diri sendiri untuk menjadi pribadi yang suka berbagi” Tutur Walikota di hadapan sekitar 400-an anak yatim piatu dari 12 panti asuhan se-Kota Yogyakarta ini.

Selain itu, terkait dengan ibadah puasa, Walikota yang mengutip Surah Al Baqarah Ayat 183 juga mengingatkan pentingnya melaksanakn ibadah puasa untuk menggapai keimanan dan ketaqwaan  “Dari terjemahan ayat tersebut, dapat kita lihat kaitan antara puasa dengan keimanan seseorang dan puasa akan membawa kita pada taqwa” Jelas Walikota.

Sementara itu, perwakilan dari donatur, Delta Deritawan mengapresiasi acara ini sebagai bentuk sinergitas antara Pemkot Yogyakarta dengan berbagai pihak dalam mengembankan generasi muda. “Suatu kebahagiaan mampu bekerjasama lagi dengan pemkot untuk menyelenggarakan acara yang sudah memasuki tahun ketujuh . Ini  merupakan bentuk perhatian dalam pengembangan generasi penerus kita” Kata pria yang menjabat sebagai Industrial Director PT Sari Husada ini.

Acara buka bersama panti asuhan merupakan agenda tahunan yang diadakan Pemkot setiapBulan Ramadan. Dalam penyelenggaraanya kali ini, Pemkot melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta memberikan bantuan berupa satu paket buku untuk masing-masing panti asuhan serta berbagai bingkisan yang dipersembahkan oleh para donatur.

Di penghujung acara, walikota berharap, anak-anak panti asuhan tersebut tidak terhalang oleh predikat mereka sebagai anak yatim/piatu dalam menggapai cita-cita mereka. “Pemkot akan selalu berupaya untuk menghantarkan anak-anak sekalian pada cita-cita, bahkan mampu melampaui cita-cita" Pungkas Walikota. (ams)