Ratusan Warga Meriahkan Lomba Mancing

Untuk menyambut hari Sumpah Pemuda, Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta menggelar lomba memancing ikan di sepanjang sungai code, Minggu (25/10).

Ketua Panitia Lomba Mancing Wisata Code, Suratmanto menjelaskan, terdapat sekitar 500 peserta dari berbagai wilayah di DIY yang turut serta. Terdapat 2 kuintal ikan lele yang disebar di Kali Code kawasan Keparakan sepanjang 250 meter.

"Semua kami lakukan dengan swadaya dan bantuan dari Bapak Wakil Walikota Yogyakarta, hasilnya ternyata cukup memuaskan. Semua pengeluaran serta hadiah dapat tercukupi," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya sengaja memilih lokasi untuk lomba di sepanjang kali code karena untuk mendongkrak wisata kali code.

“Hal ini dilakukan lantaran bantaran Kali Code memiliki banyak potensi wisata namun belum tergali dengan baik” tandasnya

Melalui lomba mancing wisata ini pun, warga setempat juga dapat diuntungkan dengan menjual aneka kuliner bagi para peserta. Suratmanto optimis, jika berbagai kegiatan yang sering digelar di Kali Code kelak dapat memberikan manfaat yang lebih bagi warga setempat.

"Potensi wisata memang cukup besar. Tidak hanya untuk memancing, tetapi bisa juga susur sungai dan lain sebagainya. Namun perlu proses lama untuk mengenalkan ke masyarakat," terangnya.

Peserta lomba mancing tersebut memancing di sepanjang sisi kanan dan kiri Sungai Code. Sebelum lomba dimulai, sungai telah dibendung untuk ditaburi ikan lele yang akan dipancing.

Wakil Walikota Yogyakarta, Imam Priyono yang membuka kegiatan tersebut menyatakan apresiasinya kepada masyarakat yang menyelenggarakan  kegiatan positif tersebut.

“Selain sebagai upaya untuk mempromosikan gerakan gemar makan ikan kepada masyarakat, lombamancing ini juga untuk menyosialisasikan program kali bersih” tandas imam

Sejumlah hadiah menarik telah dipersiapkan panitia untuk diperebutkan para peserta, di antaranya sepeda gunung, televisi, penanak nasi.

Andri Triatma, Salah satu peserta lomba tersebut mengatakan jika memancing hal yang menyenangkan saat ia jenuh dengan rutinitasnya sehari hari.

“Apalagi kalau mancing bisa sambil sharing dengan teman didekatnya. Memancing juga aktifitas yang mengajarkan kita pada kesabaran, sebab, belum tentu setelah kita melepas kail langsung dimakan oleh ikan” ujarnya

Maka dari itu, lanjutnya, kita butuh waktu untuk sampai umpan kita dimakan oleh ikan. “Hal yang menyenangkan dan memuaskan saat umpan dimakan oleh ikan, ada kepuasan tersendiri pastinya”tandasnya. (Han)

.