Membludaknya Peserta Pada Kontes Robot Pintar Yogyakarta 2015

Penyelenggaraan Kontes Robot Pintar Yogyakarta (KRPY 2015) tahun ke-8 kembali digelar Taman Pintar, (24-25/10) di Phytagoras Hall, Gedung Kotak lantai 1 Taman Pintar. Tingginya antusiasme peserta KRPY kali ini sangat terasa, naik 30% dari peserta tahun lalu. Peserta bukan hanya dari DI. Yogyakarta, namun datang juga dari Magelang, Wonosobo, Klaten, Semarang dan Cilacap.

Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono dalam sambutannya mengatakan dibandingkan pada penyelenggaraan tahun lalu, antusiasme peserta kali ini mengalami kenaikan.

"Tahun ini ada 211 tim, 1 tim terdiri dari 3 siswa dan 1 guru pembimbing dari berbagai sekolah yang bersaing untuk menjadi yang terbaik. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding tahun lalu sebanyak 155 tim dan 2013 sebanyak 104 tim," ujarnya.

Selain peningkatan jumlah peserta, pada Kontes Robot Pintar Yogyakarta ke-8 kali ini juga terdapat sejumlah pembaruan khususnya bentuk sirkuit yang digunakan.

"Ada tambahan jumping circuit dan tiup api. Kami akan terus memperbarui sirkuit yang digunakan dari tahun ke tahun termasuk menambah kategori lomba yaitu untuk robot aktif," katanya menambahkan.

Lima kategori yang dilombakan pada KRPY 2015:

  1. Kategori A (Senior), diikuti oleh 55 tim, menandingkan robot beroda peniti garis (Line Follower Robot) dan pemadam api dengan konstruksi otomatisasi tanpa mikrokontroler bagi pelajar SMA/SMK sederajat, namun tidak menutup kemungkinan diikuti oleh peserta SMP yang mampu.

  2. Kategori B (Yunior), diikuti oleh 34 tim, menandingkan robot beroda penjejak cahaya (Light Surveillance Robot) dan pemadam api dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler, bagi peserta dari pelajar SMP atau sederajat.

  3. Kategori C (Expert), diikuti oleh 43 tim, menandingkan robot beroda peniti garis (Line Follower Robot) dan pemadam api yang konstruksinya sudah menggunakan otomatisasi dengan aplikasi mikrokontroler, bagi pelajar SMA/SMK sederajat.

  4. Kategori D (Umum), diikuti oleh 38 tim, menandingkan robot beroda kendali cahaya dengan sistem saling dorong antar robot hingga keluar arena, bagi pelajar SMP dan SMA/K sederajat.

  5. Kategori E (SD), diikuti oleh 41 tim, menandingkan robot beroda penjejak cahaya (Light Surveillance Robot) dengan kostruksi manual tanpa mikrokontroler bagi pelajar SD sederajat.

Kontes robotik kali ini melibatkan 3 orang juri yaitu Asniar Aliyu dari STTNAS, Sigit Priambodo dari IST AKPRIND dan Triyogatama Wahyu Widodo dari UGM.

Para Juara

Setelah melalui persaingan ketat pada kategori-kategori tersebut, keluarlah pemenang-pemenang kontes sebagai berikut:

Kategori A (Senior):

Juara I SMP Negeri 6 Yogyakarta (Satria Tama DM)

Juara II SMK Negeri 1 Bantul (Jalan Barokah)

Juara III SMK Negeri 1 Bantul (Podo Kancane)

Kategori B (Yunior):

Juara I SMP Negeri 1 Wonosobo (RS 45)

Juara II SMP Negeri 1 Piyungan Bantul (Do’a Bapak)

Juara III SMP Negeri 5 Yogyakarta (Elang Jawa Evo 005 (B)

Kategori C (Expert):

                                  Juara I SMK Negeri 2 Depok Sleman (Ichibot Junior)

Juara II SMK Negeri 3 Yogyakarta (Panzer 086)

Juara III SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta (Zaki Robotik)

Kategori D (Umum):

                                  Juara I SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman (Mugadeta 09)

Juara II SMP Negeri 1 Bantul (Cakra)

Juara III SMK Negeri 1 Yogyakarta (Smero II)

Kategori E (SD):

                                  Juara I SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta (Skorco 10)

      Juara II SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta (Skorco 2)

      Juara III SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta (Skorco 8)

Diluar dari kategori-kategori tersebut di atas, diberikan juga penghargaan khusus bagi peserta dengan Inovasi Terbaik yang diraih oleh MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan robot Feirbot III.

Para pemenang mendapatkan trophy bergilir dan sertifikat dari Kementerian Negara Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia (khusus bagi Juara I) serta trophy tetap KRPY 2015 dari Walikota Yogyakarta. Masih ditambah lagi dengan beragam hadiah menarik dari Taman Pintar.

Dalam penyelenggaraan kontes robotik yang digelar tahunan ini, Taman Pintar berupaya untuk selalu meningkatkan kuantitas peserta maupun kualitas lomba agar tercipta peningkatan pemahaman akan keilmuan robotik di kalangan generasi muda, sehingga sejalan dan mendukung kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. (cok)