Idul Adha, Pemkot distribusikan 7 sapi dan 4 kambing Qurban

Mewakili Walikota Yogyakarta, Sekretaris Daerah Kota Yogyakrta, Dra. RR Titik Sulastri menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa satu ekor sapi kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Yogyakarta untuk selanjutnya disembelih dan dagingnya didistribusikan kepada para penerima. Penyerahan dilakukan di kompleks Masjid Diponegoro, Balaikota Yogyakarta, Jum'at (25/9).

Hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha kali ini sejumlah 11 ekor dengan rincian 4 ekor lembu dan 7 ekor kambing. "Untuk lembu, satu ekor merupakan sumbangan dari Gubernur DIY, 4 ekor dari APBD, 1 ekor dari iuran SKPD di lingkungan Pemkot, dan 1 ekor lainnya merupakan bantuan dari Bank BPD cabang senopati, sementara untuk kambing, masing-masing diperoleh dari Kecamatan Wirobrajan, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Inspektorat, dan Pemerintah Kota Yogyakarta" Jelas Sekretaris PHBI Kota Yogyakarta, H. Misbahruddin S.Ag.

Dilanjutkan oleh Misbahruddin, distribusi hewan dan daging qurban dilaksanakan ke berbagai tempat. "Untuk distribusi hewan qurban dalam kondisi hidup, satu ekor lembu diserahkan ke BLH Kota Yogyakarta dan 4 ekor kambing ke lembaga yang mengajukan proposal kepada PHBI Yogyakarta. Sementara qurban dalam bentuk daging akan diserahkan ke Pegawai gol. I dan Tenaga Bantuan di seluruh SKPD dan Kecamatan se-Kota Yogyakarta, Masyarakat di sekitar Kantor Pemerintahan Kota, Lembaga-lembaga yang mengajukan proposal kepada PHBI, dan para sailin atau peminta-minta" Papar Misbahruddin dalam laporannya tersebut.

Hewan kurban yang akan disembelih dan dibagikan ini telah melalui pengawasan kesehatan yang ketat dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. “Pemeriksaan ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan adanya penyakit zoonosis atau penyakit hewan yang menular ke manusia, sejauh ini yang harus diperhatikan adalah adanya cacing hati di hewan, namun Alhamdulillah seluruh hewan di sini sehat semua” Jelas drh Endang Finiarti, Kepala Seksi Pengawasan Mutu Komoditas dan Kesehatan Hewan Disperindagkoptan Kota Yogyakarta

Sementara itu, Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah mengingatkan kepada Sohibul Qurban agar mencontoh keikhlasan berkorban seperti yang diteladankan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS “Betapa besar ketaatan Nabi Ibrahim sehingga perintah menyembelih putra kesayangannya, Ismail dilaksanakan dengan penuh keikhlasan, tapi tetap beliau laksanakan demi kecintaan dan ketakwaan kepada Sang Khaliq” Ingatnya.

Lebih lanjut lagi, Walikota juga berharap agar Shohibul Qurban dapat mengambil berbagai hikmah yang terkandung dalam ibadah qurban “yang pertama adalah pahala yang amat besar, kedua mendekatkan jalinan hubungan dengan Allah SWT, ketiga memantapkan rasa solidaritas dengan sesama, dan yang terakhir mendidik kita agar menjadi orang yang pandai bersyukur” Papar Walikota. (ams)