Aksi Donor Darah Menyambut Hari Ulang Tahun ke-259 Kota Yogyakarta di Balaikota

Ratusan pendonor berbondong-bondong datang mengikuti aksi donor darah yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-259 Kota Yogyakarta di Grha Pandawa, komplek Balaikota Yogyakarta, Kamis (3/9).

Aksi donor darah yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jogja ini diikuti oleh SKPD-SKPD di lingkup Pemkot Jogja, instansi-instansi di Kecamatan, instansi di kelurahan, dari Puskesmas, TNI/Polri serta masyarakat di Kota Yogyakarta.

Para pendonor ini dihubungi terlebih dahulu via sms oleh PMI Kota Jogja yang memberitahukan bahwa mereka telah cukup waktunya untuk mendonorkan darah. Donor darah yang dimulai pada pukul 08.00 – 13.00 WIB ini menargetkan 300 kantong darah.

Nur Fajariyah staf Dinkes Kota Jogja mengutarakan bahwa aksi donor darah tersebut merupakan bagian dari serangkaian acara donor darah tahun 2015 yang diselenggarakan 4 kali oleh Dinkes bekerjasama dengan PMI Kota.

“Sebelumnya, Dinkes dan PMI Kota Jogja menyelenggarakan aksi donor darah pada Hari Kesehatan Dunia silam, aksi donor darah pada Hari Ulang Tahun Pemerintahan, aksi donor darah menyambut Hari Ulang Tahun ke-259 Kota Yogyakarta yang digelar hari ini, serta aksi donor darah pada Hari Kesehatan Nasional bulan November mendatang,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan donor darah ini akan diperoleh banyak manfaat yaitu kesehatan pendonor akan termonitor karena harus periksa tekanan darah dan juga Hb, pun kualitas darahnya secara rutin akan terpantau. (cok)