Pemkot Yogyakarta Jadi Inspirasi Kabupaten Kendal Perihal Tupoksi Bappeda

DPRD Kabupaten Kendal melakukan kunjungan studi banding ke Pemerintah Kota Yogyakarta, Senin (24/8). Kunjungan diterima oleh Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yulia Rustiyaningsih, SIP, MAP yang didampingi pegawai Bappeda Kota Yogyakarta, Bagian Protokol, dan Bagian Organisasi Pemerintah Kota Yogyakarta. Peserta kunjungan yang berjumlah 7 orang tersebut diterima di Ruang Sadewa Balai Kota Yogyakarta.

Diawal pertemuan, pimpinan rombongan Ketua DPRD Kabupaten Kendal Prapto Utomo, S.Sos menjelaskan situasi kondisi daerahnya dan juga menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan. Ia mengutarakan bahwa Kota Yogyakarta ada SKPD yang khusus menangani tentang pembangunan.

“Kami ingin mengetahui Tugas, Pokok dan Fungsi (Tupoksi) SKPD terutama Bappeda di Pemkot Yogyakarta. Untuk itu kami ingin mempelajari dan mendiskusikan terutama tentang hal-hal teknis apa saja yang telah Bappeda laksanakan perihal pembangunan di Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Kabupaten Kendal mengalami kelebihan anggaran pembangunan, ada 350 milyar anggaran yang tidak terpakai. Ia ingin anggaran tersebut dapat digunakan secara tepat dan efektif untuk kemajuan Kota Kendal, khususnya di bidang pembangunan.

Sementara itu, Bappeda Kota Yogyakarta menanggapi hal tersebut dengan menjelaskan mengenai beberapa hal yang telah dilakukan Bappeda dalam perencanaan pembangunan di Kota Jogja.

“Ada program yang telah kami jalankan yaitu mengadakan ekseminasi sebelum menyusun anggaran. Tujuannya melihat perencanaan dari masing-masing SKPD dalam hal pengadaan barang dan jasa termasuk regulasi dalam perencanaan pembangunan. Bappeda juga mempunyai terobosan yaitu pelimpahan wewenang kepada kecamatan untuk menampung aspirasi masyarakat yang masih mikro. Nantinya aspirasi mikro tersebut diteruskan oleh Bappeda untuk diaplikasikan dalam wujud pembangunan-pembangunan.” Pungkas Muslim, SP dari Bappeda Kota Yogyakarta.

Pada akhir acara, diadakan pertukaran cinderamata antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan DPRD Kabupaten Kendal. Prapto Utomo berharap hasil pembelajaran di Pemerintah Kota Yogyakarta tentang Tupoksi Bappeda dalam perencanaan pembangunan dapat dilaksanakan di Kota Kendal. (Cok/cil/fru)