Apel Akbar Dirgahayu Praja Muda Karana yang Ke-54

‘Salam Pramuka!’

Dalam rangka memperingati Dirgahayu Pramuka yang ke 54, pagi ini diselenggarakan apel besar di halaman Balaikota Yogyakarta, Sabtu (22/8). Selaku pembina apel adalah perwakilan Walikota Yogyakarta, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Achmad Fadli. Apel akbar yang mengusung tema “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda” ini berlangsung khidmat.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Achmad Fadli, Walikota Yogyakarta mengungkapkan pentingnya peranan Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang bertujuan untuk membentuk kaum muda berkarakter.

”Gerakan Pramuka masih dan relevan dengan perkembangan zaman karena kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat serta bangsa Indonesia yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur,” tuturnya di hadapan ratusan peserta apel yang merupakan pelajar SD dan SMP di Kota Yogyakarta.

Selanjutnya, perwakilan Walikota Yogyakarta berkesempatan memberikan penganugerahan sekaligus menyematkan Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa, Tanda Kecakapan Pramuka Garuda, Tanda Penghargaan Lencana Wiratama serta piagam-piagam penghargaan. Bentuk apresiasi tersebut diberikan kepada para Pembina Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, Pamong Satuan Karya Pramuka dan Instruktur Satuan Karya Pramuka yang terpilih. Penganugerahan tersebut diberikan lantaran mereka ini dinilai sangat besar jasanya dalam pembinaan Gerakan Pramuka di Kota Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini juga diumumkan hasil dari proses penilaian Tim Penilaian Kwartir Ranting Tergiat 2015 yang diselenggarakan dari tanggal 3 sampai dengan 10 Agustus silam. Hasilnya adalah Kwartir Ranting Kecamatan Danurejan diputuskan sebagai Kwartir Ranting Tergiat I 2015, Kwartir Ranting Kecamatan Mantrijeron sebagai Kwartir Ranting Tergiat II dan Kwartir Ranting Kecamatan Tegalrejo sebagai Kwartir Ranting Tergiat III. Kwartir Ranting Kecamatan Danurejan berhak menerima Tunggul Kwartir Ranting Tergiat 2015 dari Kwartir Cabang Kota Yogyakarta. Pengumuman ini pun disambut dengan tepukan tangan riuh dari para peserta apel.

Sebagai penutup acara, peserta apel dan para tamu undangan dihibur oleh pertunjukan menarik, antara lain: tarian nan gemulai, senam Polantas yang kompak, aksi para jagoan Tae Kwon Do yang memukau dan atraksi pemadaman api nan menegangkan. Variety show ini dipersembahkan oleh kawan-kawan dari Saka Bhayangkara Kota Yogyakarta.

‘Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan. Salam Pramuka!’ (cok)