Kesbang Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pemuda Kota Yogyakarta di Balai Kota

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pemuda Kota Yogyakarta. Pelatihan Kepemimpinan yang memasuki Angkatan II ini mengambil tema “Mewujudkan Generasi Muda Yang Berjiwa Pemimpin Yang Berkarakter dan Berbudi Luhur.“ Acara yang diselenggarakan pada hari Kamis (13/08) ini bertempat di Ruang Bima, kompleks Balaikota Yogyakarta.

 

Acara Pelatihan ini menghadirkan beberapa narasumber dari pihak-pihak yang concern dalam bidang kepemudaan, antara lain: Praktisi Hukum dan Dosen Pengajar Fakultas Hukum Universitas Widya Mataram Yogyakarta Hartanto, SE,SH,M. Hum, Tokoh Pemuda Kota Yogyakarta Haryawan Emir Nuswantoro, SS, Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta Hafidh Rifky Adiyatna, Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta Drs. Ki Sutikno.

 

Para peserta pelatihan disambut secara langsung oleh Kepala Seksi Pembinaan Pemuda, Laksmi Prahani Amperawati, S. Sos selaku penyelenggara kegiatan. “Dengan diselenggarakannya acara Kepemimpinan Bagi Pemuda Kota Yogyakarta Angkatan II ini diharapkan agar para pemuda sebagai generasi penerus bangsa dapat mempunyai jiwa Kepemimpinan yang berPancasila,” ujar Laksmi dihadapan sekitar 75 peserta dari berbagai elemen pemuda Kota Yogyakarta.

 

Selanjutnya, Walikota Yogyakarta dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh asisten pemerintahan Drs. H. Achmad Fadli, berharap kegiatan ini dapat menjadi forum strategis untuk membuka cakrawala berpikir serta membangkitkan semangat para pemuda sehingga cita-cita mewujudkan generasi muda yang Berjiwa Pemimpin, Berkarakter dan Berbudi Luhur.

 

“Kedudukan dan peran pemuda memang sangat vital dalam pembangunan sehingga masa depan bangsa berada di tangan para pemuda. Di pundak merekalah harapan dan cita-cita bangsa ini digantungkan sehingga pemuda dituntut berperan aktif dan tampil di garda terdepan pembangunan bangsa, baik fisik maupun mental spiritual atau karakter,“ Walikota menambahkan.

 

Kemudian secara berturut-turut para narasumber memberikan pemaparan singkatnya tentang aspek-aspek yang bisa membangun karakter pemuda yang tangguh dan berPancasila.Yang meliputi: “Kepemimpinan yang Kreatif dan Inovatif” yang disampaikan oleh Hafidh Rifky Adiyatna; materi tentang “Dasar-Dasar Kepemimpinan Muda yang berPancasilais” yang disampaikan oleh Hartanto; selanjutnya tentang “Kiprah Pimpinan pada Organisasi Kepemudaan” oleh Haryawan Emir Nuswantoro dan terakhir tentang “Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter dan Berbudi Luhur.” Para peserta menyimak dengan khidmat karena materi-materi yang disampaikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya tersebut memang sangat menarik. (cok/acl)