Bekali Mental Paskibraka, Walikota Tekankan Pentingnya Sikap Ksatria

Sikap semangat kerja keras, pantang menyerah, percaya diri, berkomitmen tinggi pada NKRI, serta pemaaf harus ditanamkan dalam perilaku sehari-hari anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). “Jangan jadikan status sebagai anggota Paskibraka sebagai gengsi semata, namun gunakan kesempatan ini untuk membentuk sikap yang baik. Manfaatkan pengalaman ini untuk menjadi suri tauladan yang baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun teman-teman” Demikian diungka`pkan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di hadapan 38 anggota Paskibraka Kota Yogyakarta dalam acara Penguatan Mental Paskibraka Kota Yogyakarta 2015 di Asrama BPKB DIY, Sorowajan pada hari Selasa (11/8) malam.

Lebih lanjut lagi, Walikota juga mengingatkan bahwa untuk membentuk sikap ksatria bisa dimulai dari hal yang kecil seperti santun dalam berlalu lintas atau perilaku disiplin sejak bangun pagi “Bisa dimulai dari rela ngalah ketika di jalan ada yang mau menyeberang atau merapihkan tempat tidur ketika bangun pagi. Hal ini jangan direnungkan, tapi dilakukan” Demikian Walikota mengingatkan.

Selain itu, Walikota yang pada kesempatan ini didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana, juga menekankan pentingnya menghargai kebhinekaan yang ada “Saya harap anggota Paskibraka bisa nyawiji dalam kesatuan walaupun berasal dari sekolah maupun daerah yang berbeda. Harus diingat Jogja adalah miniatur Indonesia di mana terjadi akulturasi dari berbagai etnis, suku, dan agama. Jangan sampai hal ini memicu konflik.” Tegas Walikota.

Paskibraka Kota Yogyakarta sendiri sudah melakukan latihan bersama sejak tanggal 27 Juli kemarin di Halaman Balaikota Yogyakarta. Selama tiga minggu, mereka dilatih oleh para pelatih yang terdiri dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan TNI/Polri. Terhitung mulai pagi tadi hingga tanggal 18 Agustus mendatang mereka memasuki masa karantina. Selama masa karantina, mental tim Paskibraka akan digembleng langsung oleh Walikota, Dandim 0734, Kaploresta Yogyakarta, serta Psikolog. Gemblengan ini diharapkan dapat memberi mereka suntikan motivasi “Masa karantina ini kami manfaatkan untuk terus menjaga fisik maupun mental mereka agar ketika pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-70 nanti mereka berada dalam kondisi yang prima” Ungkap Wisnu Sanjaya, Kepala Seksi Pembinaan Kesiswaan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang juga menjadi pembina Tim Paskibraka Kota Yogyakarta 2015. (ams)