BNNK Lantik 30 Satgas Pelajar Anti Narkoba dari SMA Budya Wacana

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Yogyakarta, melantik 30 siswa SMA Budya Wacana sebagai Satgas Pelajar Anti Narkoba. Satgas yang diberi nama Drug Police tersebut dilantik di halaman depan SMA Budya Wacana, Terban, hari Senin (10/8) pagi.

Pelantikan satgas ini merupakan tindak lanjut dari acara “BNNK Goes To School” yang digelar pada saat pelaksanaan Masa Orientasi Sekolah (MOS) tahun ajaran baru 2015/2016 kemarin di berbagai sekolah menengah di Kota Yogyakarta.

Dikatakan oleh Kepala BNNK Yogyakarta, Sapto Hadi, pelantikan di SMA Budya Wacana ini merupakan pelantikan untuk yang pertama kalinya pada tahun ajaran ini “SMA Budya Wacana kita jadikan model untuk sekolah swasta lain karena antusiasme mereka terhadap program BNNK sangat tinggi, baik dari pihak guru maupun siswa, selanjutnya kita akan menyasar 60 sekolah menengah lain di Kota Yogyakarta” Imbuh Sapto Hadi.

Lebih lanjut lagi, Sapto Hadi menjelaskan penempatan Satgas Pelajar Anti Narkoba di sekolah-sekolah ini memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan sekolah. “Satgas sangat berperan penting, karena BNN tidak bisa setiap saat ke sekolah, sehingga perlu ada satgas sebagai jejaring BNN di sekolah, selain itu pendekatan dari teman sebaya akan lebih efektif daripada pendekatan dari kami ataupun guru karena adanya gap generasi” Ungkap Satpo Hadi ketika ditemui usai acara pelantikan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Budya Wacana, Ismunawan merasa bangga bisa ditunjuk sebagai sekolah swasta yang mempelopori keberadaan satgas di lingkungan sekolah. “Penunjukan ini menambah lagi prestasi kami yang selama 5 tahun tercatat sebagai sekolah yang bebas narkoba, tawuran, dan siswi yang hamil di luar nikah. Selain bangga, hal ini juga menjadi tanggung jawab besar bagi kami untuk terus mempertahankannya” Tutur Ismunawan.

Selanjutnya, keberadaan Satgas Pelajar Anti Narkoba akan diarahkan oleh BNNK untuk merancang berbagai program kerja dan kegiatan seperti pentas seni, pekan olahraga, maupun field trip. Diharapkan, ke depannya satgas tidak hanya beraktifitas di dalam lingkungan internal sekolah, namun juga bisa melakukan berbagai kegiatan di lingkungan seputar sekolah. “Satgas ini nanti akan kita arahkan untuk juga melakukan sosialisasi ke berbagai sekolah di level yang lebih rendah seperti SD atau SMP yang ada di sekitar” Pungkas Sapto Hadi. (ams)