PAUD MERUPAKAN AWAL PENDIDIKAN YANG MENENTUKAN KECERDASAN

Saat ini Forum pendidikan Anak Usia Dini merupakan lembaga masyarakat yang bersifat independen sebagi mitra Dinas Pendidikan dalam mengenbangkan pendidikan anak Usia Dini. Forum PAUD mempunyai tugas menggali data dan informasi disamping upaya peningkatan akses dan pelayanan PAUD, hal ini dikatakan Bunda PAUD Kota Yogyakarta,Trikirana Muslidatun, S. Psi., di hadapan para Bunda PAUD Kacamatan maupun kelurahan dan pengurus PAUD, dalam acara Syawalan di Ruang Bhima Seni (10/08).

            Sejak dicanangkan tahun 2007 sampai dengan tahun 2015, secara kelembagaan telah berkembang pesat, dari 14 Kecamatan. Dengan berkembangnya kelembagaan Satuan Paud Sejenis (SPS) PAUD di Kota Yogyakarta yang mengalami perkembangan menjadi Kelompok bermain bahkan ada beberapa SPS  menjadi percontohan.

            Dikatakan, Forum PAUD merupakan Program Nasional, PAUD dimasing-masing  RW se Kota Yogyakarta, pendidik maupun anak didik merasa  bahwa kebersamaan forum PAUD itu memang dibutuhkan. Di Kota Yogyakarta telah tersebar diseluruh RW, Forum PAUD menyamakan pendidikan dengan menyusun kurikulum yang diperbaharui setiap tahun, disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Para pendidik Paud telah mendapat pelatihan, sehingga diharapkan mempunyai ilmu, antara lain, ilmu tumbuh kembang, ilmu pembelajaran, dan ilmu pengajaran, termasuk didalamnya pendidikan karakter. “ Pendidikan paud ini sangat membantu bagi mereka yang tergolong pr sejahtera, sebab mereka belum mampu memberikan pendidikan anaknya di Playgoup, yang memerlukan banyak biaya, sehingga Forum Paud lah yang menjadi Pilihan untuk mencerdaskan Putra Putri mereka”, katanya.

Ditambahkan Ana Haryadi, kegiatan Paud yang ada diwilayah merupakan ujung tombak kecerdasan anak, untuk bertumbuh kembang, bahkan Paud merupakan awal belajar untuk kesemuannya. Pihanya akan selalu mengawasi kegiatan dan kesejahteraan dari pengajar di Paud, sebab kecerdasan generasi bangsa dimaulai dari sini. “ Sebelum menapaki pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Forum Paud inilah yang memulai anak-anak kita untu mengenal ilmu, Paud mengajari bagaimana cara melakukan hal-hal yang baik, bahkan kecerdasan juga. Kecerdasan dapat diupayakan, kecerdasan bisa dibentuk dari awal, oleh kareananya, saya sebagi Bunda PAUD, mengajak untuk tidak henti-hrntinya berjuang untuk kecerdasan Bangsa ini”, tandasnya semangat.

                Selain acara sawalan, kegiatan yang dihadiri pengurus paut se Kota Yogyakarta tersebut, dilanjutkan dengan srasehan, bagimana membina, mengajar, mencetak prestasi, dan membuat kecerdasan.