Operasi Cipta Kondisi Di Alun-Alun Utara Berhasil Digelar Dengan Baik

Penataan Alun-alun Utara Kota Yogyakarta terus dilanjutkan. Mulai pekan ini, pedagang kaki lima di sekitar alun-alun utara sudah mulai berjualam dan mengisi kios kios yang sudah di sediakan.

“Kios yang berada di sekeliling Alun-Alun Utara Yogyakarta sudah mulai ditempati oleh pedagang.  Ini membuktikan Operasi Cipta Kondisi di Alun-Alun Utara sudah berhasil digelar dengan baik” Ujar Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat memimpin Apel Penutupan Operasi Cipta Kondisi Penataan Alun alun Utara, Selasa, (4/8)

Namun demikian, lanjut Walikota, pengawasan harus terus dilakukan dengan seksama dan akan difokuskan pada kegiatan persuasif dibanding kegiatan yang sifatnya penertiban atau cipta kondisi.

"Penataan kawasan Alun-Alun Utara pada tahap pertama yang difokuskan pada kegiatan cipta kondisi dirasa sudah cukup. Tahap selanjutnya, harus tetap dilakukan monitoring dan akan difokuskan pada aspek persuasif agar suasana di Alun-Alun Utara tetap kondusif” ujarnya

Menurutnya, Alun-alun Utara Yogyakarta merupakan lapangan di sisi utara Keraton Yogyakarta. Pada masa lalu, kawasan itu antara lain dipakai sebagai tempat penyelenggaraan acara keraton yang melibatkan rakyat banyak. Namun Saat ini Alun-alun Utara menjadi ruang publik yang banyak dikunjungi wisatawan dan dipenuhi pedagang kaki lima (PKL) serta untuk parkir.

Untuk itu, sambung Haryadi, penataan Alun-alun Utara merupakan bagian dari revitalisasi kawasan sekitar Keraton Yogyakarta. Revitalisasi ini juga mencakup pengaturan lalu lintas dan penataan tempat parkir.

“Kami ingin mengembalikan fungsi Alun-alun Utara sebagai ruang publik yang nyaman bagi warga dan wisatawan, saya yakin bahwa lebih banyak masyarakat yang menginginkan kondisi kawasan Alun-Alun Utara bersih dan tertib dibanding kondisi sebelumnya” pungkasnya

Untuk melakukan penertiban tersebut, ratusan personel gabungan dikerahkan. Personel gabungan terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan Kota Yogya, dan Dinas Ketertiban Kota Yogya.

Untuk tahap kedua Haryadi masih akan menerjukan personel untuk mengamankan kawasan Alun-alun Utara. “Masih akan ada personel yang diterjunkan untuk mengamankan kawasan. Namun tidak sebanyak saat tahap pertama” tambahnya. (Han)