Kabupaten Cilacap Belajar Penertiban Umum dari Pemkot Jogja

Pemerintah Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap. Kunjungan ini diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Yogyakarta, Muh. Sarjono di Ruang Yudhistira, Kompleks Balaikota Yogyakarta pada hari Kamis (30/7). Turut hadir mendampingi Staf Ahli, dari Dinas Perizinan, Sutarto, dari Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK), Bayu S, dan perwakilan dari Dinas Ketertiban, Totok dan Budi Santoso.

Rombongan yang hadir dari Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap sejumlah 17 orang. Rombongan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap, Adi Saroso.

Adi Saroso, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kunjungan ini. “Kunjungan kami kali ini adalah untuk sharing atau diskusi perihal penegakan Peraturan Daerah (Perda). Meliputi penertiban umum, penertiban parkir, penertiban pedagang kaki lima termasuk penanganan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang ada,” ujarnya.

Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Muh. Sarjono mengucapkan selamat datang di Kota Yogyakarta bagi seluruh peserta kunjungan kerja pada hari ini.

Menuju topik bahasan utama, Walikota menjelaskan pendekatan yang digunakan oleh Pemkot Yogyakarta dalam melakukan penertiban wilayah Kota Yogyakarta “Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Ketertiban telah berupaya menciptakan stabilitas dalam kehidupan bermasyarakat melalui berbagai pendekatan baik preventif, represif maupun melalui kerjasama dengan masyarakat,” demikian tutur Walikota secara tertulis.

Ditambahkan lagi oleh Walikota, sesuai dengan spirit Segoro Amarto, Pemkot Jogja juga mencanangkan program Gerakan Kampung Panca Tertib (Rampung Panertib). Melalui program ini, masyarakat diharapkan turut berperan aktif dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban umum melakui pendekatan kearifan lokal. “Gerakan ini (Rampung Panertib) diharapkan mampu menjadi sarana penanaman nilai-nilai ketaatan hukum dan kepekaan dalam masyarakat sehingga nantinya tercipta situasi yang kondusif bagi pelaksanaan pembangunan” Jelas Walikota dalam akhir sambutannya. (cok)