PERINGATAN HARI KOPERASI KE 68 TINGKAT DIY

Insan perkoperasian di Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan peringatan Hari Koperasi ke  68 dimulai dengan Upacara di Halaman Balaikota Yogyakarta dilanjutkan dengan Pameran Gelar Potensi Koperasi di Jl Ipda Tut Harsono, Kamis (30/7)

Upacara Peringatan Hari Koperasi ke 68 dipimpin oleh Inspektur Upacara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan DIY Ir Didik Purwadi.  Dihadiri oleh Walikota Yogyakarta, H Haryadi Suyuti dan  seluruh perwakilan koperasi dari Kota Yogyakarta dan kabupaten-kabupaten di DIY.

Ir Didik Purwadi dalam sambutannya mengatakan, setiap koperasi yang ada di DIY diharapkan terus berusaha mengembangkan dan memberdayakan diri agar tumbuh menjadi kuat dan mandiri sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat pada umumnya.

“Koperasi harus berusaha berperan nyata untuk mengembangkan tata  ekonomi daerah yang berdasarkan atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera.” Kata Didik Purwadi

Ditambahkan, Untuk mencapai hal tersebut Kegiatan koperasi harus dilaksanakan berdasarkan pada nilai dasar yagn terkandung dalam UUD 1945. Koperasi harus memperbaiki kualitasnya sehingga mampu mencapai kondisi yang diharapkan, hal ini penting karena sebagian koperasi masih belum berperan secara signifikan terhadap kemajuan perekonomian masyarakat, shingga pembangunan koperasi harus diarahkan pada penguatan kelembagaan dan usahanya.

Guna menghadapi tata ekonomi nasional yang berkembang dan penuh tantangan yang harus diperhatikan adalah aturan, nilai dan prinsip, status badan hukum, permodalan, kepengurusan, kegiatan usaha dan peranan stakeholder termasuk pemerintah harus selalu ditinggkatkan.

“Dengan demikian koperasi sebagai organisasi ekonomi  diharapkan dapat sehat kuat mandiri, tangguh dan terpercaya sebagai entitas roda ekonomi yang mendasarkan kegiatan pada nilai dan prinsip koperasi sekaligus meningkatkan kerjasama  potensi dan kemampuan ekonomi  anggotanya dan berperan aktif dalam perekonomian daerah maupun nasional.” Tambah Didik Purwadi.

Dalam upacara peringatan Hari Koperasi ini juga diserahkan berbagai penghargaan hasil penilaian Koperasi Berprestasi di DIY dari berbagai kategori yakni Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Konsumen, Koperasi Produsen, Koperasi Jasa dan Koperasi Pemasaran serta penghargaan lomba tangkas trampil  perkoperasian tingkat SMP, SMU dan Perguruan Tinggi.

Setelah upacara di halaman Balaikota, dilanjutkan peninjauan stan dalam Pameran Gelar Potensi Koperasi DIY di sebelah timur Balaikota, puluhan koperasi dari berbagai daerah di DIY memamerkan hasil usahanya , banyak masyarakat antusias menonton dan membeli produk-produk yang dipamerkan.(HG)