Perpusda Siapkan Layanan Delivery JAMILA

JAMILA (Jaminan Mengantar Layanan Buku ke Pemustaka) merupakan sebuah inovasi yang sedang dikembangkan oleh Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Yogyakarta. Melalui Jamila, warga kota Yogyakarta, khususnya anggota Perpusda Kota tidak perlu datang ke gedung perpustakaan untuk meminjam buku, namun buku yang diinginkan bisa dipesan melalui SMS atau website, lalu petugas perpustakaan akan mengantarkan buku tersebut langsung ke pemesan.

Demi menjamin kesiapan dari Jamila, maka pada hari Senin (27/7) siang, sebagai uji coba, Perpusda melakukan simulasi terhadap layanan ini. Simulasi dilakukan di dua titik antar, yaitu Kelurahan Bener dan XT Square.

Dikatakan oleh Triyanta, salah satu pelaksana dari Jamila, layanan ini berangkat dari tingginya antusiasme warga Kota Yogyakarta dalam meminjam buku di perpustakaan, namun, keterbatasan ruang perpustakaan serta tingginya aktivitas warga seringkali menjadi penghambat bagi warga untuk       datang langsung ke Perpustakaan  “Tingginya kunjungan warga ke perpustakaan tidak diimbangi dengan ketersediaan ruang, sehingga perpustakaan menjadi ramai dan mengorbankan kenyamanan, ditambah lagi kesibukan warga masyarakat membuat mereka kesulitan datang langsung ke perpustakaan, padahal minat mereka untuk meminjam buku cukup tinggi” Demikian ungkap Triyanta menjelaskan latar belakang dikembangkannya Jamila ini.

Diperkirakan, Jamila sudah tersedia bagi masyarakat umum pada pekan ketiga bulan Agustus mendatang. Rencananya, layanan ini tidak tersedia setiap hari, namun hanya pada hari tertentu saja, yaitu Senin, Rabu, dan Jum’at. 

Untuk memanfaatkan layanan ini, warga tidak ditarik biaya, namun harus terdaftar sebagai anggota Perpusda Kota dan berdomisili di wilayah Kota Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya Jamila, akses masyarakat terhadap layanan Perpusda menjadi semakin mudah dan minat baca masyarakat juga akan meningkat. (ams/frn)