Ramadan, Pemkot Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim Piatu

Sore itu (9/7), wajah-wajah ceria yang terpancar dari ratusan bocah yatim piatu berpadu-padan dengan warna-warni seragam mereka seakan  menyelimuti Halaman Grha Pandawa, Kompleks Balaikota Yogyakarta dengan aura kebahagiaan. Bocah-bocah  yang berasal dari 12 panti asuhan di Kota Yogyakarta tersebut diundang secara khusus oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta  untuk berbuka puasa bersama jajaran Pemkot Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Rr. Titik Sulastri mengingatkan agar anak-anak panti tidak menjadikan keadaan mereka sebagai Yatim/Piatu sebagai penghalang untuk berprestasi “Tidak bersama keluarga inti justru akan membentuk kalian menjadi pribadi-pribadi yang lebih mandiri, yang sejak awal telah belajar mengenal tantangan dan perjuangan hidup” Demikian kata Walikota.

Dalam acara ini, Pemkot melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta memberikan bantuan berupa satu paket buku untuk masing-masing panti asuhan. Diungkapkan oleh Walikota, semoga dengan bantuan berupa buku ini bisa memperluas cakrawala anak-anak panti. “Manfaatkan buku sebaik-baiknya, karena melalui membaca kita akan bisa melihat luasnya cakrawala dunia” Demikian Walikota mengingatkan.

Acara buka bersama panti asuhan merupakan agenda tahunan yang diadakan Pemkot setiap tahunnya. Untuk penyelenggaraan kali ini, Pemkot didukung oleh PT Sari Husada, Bank BPD DIY Cabang Senopati, Bank BRI Kantor Cabang Yogyakarta, serta Galeria Mall.

Acara berlangsung meriah. Masing-masing  penghuni panti turut menunjukkan bakat mereka di bidang seni di atas panggung yang disediakan. Menambah keceriaan sore itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta,  Hadi Muchtar turut menyumbangkan suara emasnya menyanyikan lagu Tombo Ati. Sementara di penghujung acara, sambil menyambut datangnya waktu berbuka, hadirin diberi penyegaran rohani oleh tausiyah dari Anita Nur Hasanah, salah satu penghuni Panti Yatim Mandiri yang pada tahun 2012 lampau berhasil menempati peringkat ketiga acara Pemilihan Da’i Cilik (Pildacil) ANTV (ams)