Tim Kominda Kabupaten Karangasem Lakukan Kunjungan ke Pemkot Jogja

Pada Rabu (8/7), Pemerintah Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Tim Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Kabupaten Karangasem. Kunjungan ini diterima secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Yogyakarta, Muh. Sarjono di Ruang Yudhistira, Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Rombongan yang hadir berjumlah 25 orang yang terdiri dari Anggota Kominda Kabupaten Karangasem. I Made Supartha, Asisten Tata Praja Setda Kabupaten Karangasem yang juga menjadi pimpinan rombongan, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari study banding ini, “Untuk memperoleh informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh Kominda kota Yogyakarta dalam menciptakan stabilitas keamanan di Daerah Yogyakarta.”

Sementara itu dari pihak Pemerintah Kota Yogyakarta, menghadirkan para narasumber yang terdiri dari; Ari Nugroho dan Ambarwatie dari Kesatuan Bangsa, Maryadi dari Kejaksaan Negeri, Budi Santoso dari Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta, Sigit dari Kesatuan Polisi Resort Kota, Makkasau dari Kodim 0734/Yogyakarta, Buntoro dari Sekretaris Kesatuan Bangsa.

Dalam diskusi yang telah dilakukan, pihak dari Komunitas Intelijen Kabupaten ini menanyakan perihal langkah-langkah dari Komunitas Intelijen Kota Yogyakarta dalam menciptakan stabilitas keamanan di kota Yogyakarta, upaya-upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama, mendeteksi secara dini terhadap konflik sosial, konflik kepentingan, dan penyakit sosial masyarakat. Pertanyaan-pertanyaan tersebut telah dijawab oleh pihak-pihak terkait selaku narasumber.

Setelah diskusi selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta. (cok)