KOTA YOGYAKARTA DINILAI TIM WAHANA TATA NUGRAHA 2015

Pelayanan transportasi dan angkutan di Kota Yogyakarta mendapatkan penilaian dari Tim Penilai Penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2015 Kementrian Perhubungan RI.  Hasil peninjauan dan penilaian dipaparkan oleh Ketua Tim Penilai Felix Iryantomo di hadapan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan jajaran Dinas Perhubungan di Ruang Yudhistira Balaikota, Senin (6/7)

Ketua Tim Penilai, Felix Iryantomo menjelaskan, penilaian di Kota Yogyakarta telah dilaksanakan selama dua hari yakni pada hari Jumat bersama dengan seluruh tim dan jajaran Dinas Perhubungan serta Polresta Yogyakarta serta  dilanjutkan dengan penilaian secara mandiri pada hari Sabtu (4/6)

Secara umum, Felix Iryantomo menjelaskan pelakasanaan pelayanan transportasi dan angkutan di Yogyakarta sudah lebih baik sebagai hasil rekomendasi penilaian tahun sebelumnya namun masih ditemui juga hal-hal kecil perlu diperbaiki lebih lanjut.

“Secara umum pelayanan tranportasi dan angkutan di Kota Yogyakarta sudah baik, sarana jalan sudah baik, juga banyak program unggulan yang dikembangkan dalam pelayanan masyarakat dalam bidang transportasi, namun ada juga yang perlu di perbaiki dan ditertibkan seperti trotoar pejalan kaki yang terganggu adanya pot besar serta rambu lalu lintas yang banyak ditempeli striker” kata Felix Iryantomo.

Felix Iryantomo menjelaskan berbagai aspek yang dinilai dalam penilaian Wahana Tata Nugraha ini meliputi penilaian lapangan yakni sarana angkutan umum, prasarana jalan, lalu lintas dan pelayanan masyarakat serta komitmen daerah yang meliputi perencanaan, pendanaan, kelembangaan dan sumberdaya manusianya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, H Haryadi Suyuti menyampaikan kebijakan pembangunan bidang transporasti di Kota Yogyakarta mengedepankan upaya menciptakan keselamatan dan peningkatan kinerja transporatasi, berbagai rekomendasi yang diberikan oleh penilai Wahana Tata Nugraha akan diperhatikan dan dilaksanakan.

“Memang belum sempurna, catatan yang ada dari Tim WTN akan segera kami tindaklanjuti, kita berupaya terus untuk meningkatkan keselamatan warga  dan pelayanan masyarakat di bidang trasportasi dan angkutan termasuk pembangunan nilai-nilai untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas ” kata Haryadi Suyuti. (hg)