Wakil Walikota Semarakkan Mancing Barokah

Mancing barokah pada Ramadan 2015 di Sungai Code dimeriahkan oleh seremonial penyemaian tiga kuintal ikan dan bibit ikan lele, patin, nila merah dan bawal, oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta, Imam Priyono, Sabtu (27/6)

Ketua Kampung Wisata Sayidan, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Surahman mengatakan kegiatan Mancing Barokah adalah kegiatan yang bertujuan untuk menceriakan suasana Ramadan bagi warga bantaran Sungai Code.

"Acara ini sudah digelar untuk ketiga kalinya, ikan yang dipancing adalah bantuan para dermawan. Namun untuk tahun ini, bantuan ikan sepenuhnya disumbang oleh pak IP (Imam Priyono)," tuturnya, di sela Mancing Barokah.

Kegiatan memancing ikan sembari menunggu waktu berbuka puasa ini bersifat gratis dan terbuka dan bisa diikuti oleh khalayak umum, bukan hanya warga Sayidan. Syaratnya mudah, yakni membawa alat pancing dan pelet saja.

"Ini juga sebagai salah satu cara untuk mempromosikan Sayidan sebagai salah satu kampung wisata air yang ada di Kota Yogyakarta," sambungnya.

Dengan kegiatan ini juga, para penduduk sekitar sungai menjadi lebih peduli dan termotivasi untuk menjaga kebersihan Sungai Code. Karena feedback yang dihasilkan juga dapat mereka rasakan sendiri. Misalnya, ada warga lain datang ke Sayidan, itu tidak menutup kemungkinan juga bisa menambah pendapatan bagi warga Sayidan.

Sejumlah warga Sayidan juga menjual jajanan pasar di pinggir sungai, tidak jarang, sembari menunggu pelet mereka dimakan ikan, pemancing membeli jajanan pasar tersebut.

"Biasanya kita mengadakan sarasehan atau kumpul tiap bulan untuk membicarakan atau berembug mengenai perawatan Sungai Code," tandasnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Yogyakarta, Imam Priyono berharap kegiatan Mancing Barokah benar-benar memberikan barokah. Selain itu, bibit dan ikan yang ia semai ke sungai memberikan manfaat.

"Semoga kegiatan Mancing Barokah bisa menjadi sumber hiburan dan meningkatkan kesejahteraan bagi warga Sayidan, serta bermanfaat pula bagi seluruh warga Kota Yogyakarta," ungkapnya.

Usai mendampingi Wakil Wali Kota, Camat Gondomanan, Agus Arief Nugroho mengaku bersyukur dengan rutinnya kegiatan Mancing Barokah yang digelar di salah satu sisi Sungai Code tersebut.

Ia juga menyatakan sebagai kampung wisata berbasis wisata air, Kampung Wisata Sayidan akan tumbuh secara bertahap. Begitu pula dengan usaha jajan pasar yang ada di sepanjang sungai yang dirintis ibu-ibu setempat. (Han)