BAZDA KOTA JOGJA  SILATURAHMI DAN SERAHKAN INFAQ

Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA)  Kota Yogyakarta melakukan kunjungan sosial  untuk menyerahkan zakat dan infaq kepada tiga penerima (mustahiq). Zakat dan infaq  dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pegawai, TNI dan POLRI di instansi pemerintah , swasta, BUMD, BUMN di wilayah Kota Yogyakarta ini diserahkan  langsung  Ketua Badan Pelaksana Bazda Kota Yogyakarta, H. Rapingun, Selasa (18/01)  kepada Heri Mugiyanto orang tua dari Angga Saputra yang mengalami sakit sejak usia 6 bulan. Bazda menyerahkan bingkisan dan uang sebesar Rp. 2 juta.
     Zakat dan Infaq juga diberikan kepada  SD Muhammadyah Warungboto untuk biaya pendidikan Cahaya Annisa Fathonah ( SMPN. 9) dan kedua adiknya, M. Yahya Rochim dan Akbar Latif Mahendrata yang masih duduk di kelas V dan II SD Muhammadyah Warungboto. Ketiga anak ini tercatat sebagai anak yatim piatu dan berasal dari keluarga tidak mampu.  Bazda menyerahkan Rp. 4.031.400,-. Selain itu, Bazda juga menyerahkan  bantuan Rp. 3 juta kepada panitia pembangunan Masjid Al Falah dan SD. Muhammadyah Gendeng  untuk   pembebasan tanah yang akan digunakan untuk pengembangan kompleks Masjid dan SD.
    Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Nurudin , SH, MA, yang mendampingi  Ketua BAZDA Kota Yogyakarta mengatakan zakat dan infaq yang terkumpul tahun 2010 sebesar Rp. 2.569.485.467,- dengan perincian, zakat Rp. 1.678.462.239,- bonus giro zakat Rp. 5.103.390,-, infaq Rp. 884.876.181,- dan bonus giro infaq sebesar Rp. 1.043.657,-.
    Nurudin menjelaskan Zakat ditasyarufkan (disalurkan) setiap akhir semester dan infaq  disalurkan setiap saat. Untuk menjamin kepastian penerimaan dan jumlah penerima pada setiap semester BAZDA Kota Yogyakarta menyusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penyalurannya dengan memprioritaskan pada tiga program pokok yakni Jogja Peduli, Jogja Cerdas, dan Jogja Taqwa. Untuk Jogja Peduli dijelaskan BAZDA sudah menyalurkan  kepada 1.095 penerima  dengan jumlah dana sebesar Rp. 488.490.000,-. Sedangkan program Jogja Cerdas dan Jogja Taqwa Bazda telah menyalurkan dana  masing-masing sebesar  Rp. 1.529.431.400,- dan Rp. 493.310.000,-.
    Nurudin menambahkan sampai dengan bulan  Desember 2010 instansi yang sudah mengikuti  BAZDA yakni dari Pemkot Yogyakarta, Kementerian Agama Kota Yogyakarta dan Badan Pertanahan Kota Yogyakarta dengan jumlah  muzakki dan munfiq sebanyak 7.611 pegawai.
    Nurudin juga berharap di tahun 2011 realisasi pengumpulan akan terjadi peningkatan  hingga 30 persen dari instansi yang telah bergabung.  Untuk itu Bazda Kota akan terus melakukan sosialisai  dan membentuk UPZ di instansi tingkat Kota Yogyakarta yang belum mengikuti Bazda.  Selain itu, Bazda juga akan menjalin kemitraan dengan membuka konter penerimaan zakat infa2 di  Bank yang menjadi mitra  dan instansi pelayanan publik.
    Sementara itu, Sekretaris Kota Yogyakarta yang juga ketua Bazda Kota Yogyakarta       H. Rapingun,  mengatakan kunjungan Bazda Kota Yogyakarta  selain bersilaturahmi juga menyampaikan bantuan kepada para penerima . Dirinya berharap dengan adanya bantuan ini para penerima dapat  diringankan bebannya. (@mix)