KARYAWAN KRISTIANI DI LINGKUNGAN MUSPIDA YOGYAKARTA RAYAKAN NATAL

Seribuan  Karyawan Kristiani di lingkungan Pemerintah Kota dan merayakan Natal Bersama di Gedung Ganesha Timoho Yogykarta, Jumat Malam (07/01). Perayaan ini dihadiri pula karyawan kristiani dari instansi Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Polresta Yogyakarta, dan Kodim 0734 Yogyakarta.

Perayaan Natal yang sederhana ini dibagi dalam dua bagian yakni Ibadat Natal dan Hiburan. Upacara ibadat Natal diawali dengan penyalaan lilin natal oleh Henri Kuntjoroyekti  ketua  DPRD Kota Yogyakarta, Romo Dr. Mateus Mali, CSSR, dan Pendeta Edwin Sardiana. STh. didampingi ketua PanitiaNatal Bersama karyawan Kota Yogyakarta 20110  Ignatius Prayogo Sunaryo Anggota DPRD Kota Yogyakarta.

Romo Dr. Mateus Mali dalam renungan Natalnya  mengajak segenap karyawan Kristiani untuk bersahabat dengan siapa saja baik di lingkungan kerja, dan di  masyarakat.  Dikatakan di setiap peristiwa kelahiran pasti ada kesukacitaan. Kelahiran Kristus di dunia  ini juga membawa kegembiraan bagi segenap ciptaan di bumi ini. Kegembiraan bukan saja dirasakan manusia saja tetapi segala isi jagad raya ini. Secara imani, kehadiran Yesus ke dalam dunia, untuk menciptakan kembali manusia dengan martabat ilahi.  Dr. Mateus Mali menambahkan bahwa  kehidupan manusia adalah kehidupan bermartabat. Oleh karenanya manusia harus hidup sesuai dengan citra Allah.  Mateus Mali mengajak karyawan Kristiani  agar dalam kesehariannya selalu melihat orang lain sebagai sahabat dan bukan musuh. Dengan demikian karyawan Kristiani akan  melayani siapa saja yang ditemui dengan semangat kasih dan semangat terang seperti  yang terkandung dalam tema perayaan natal bersama yakni : Terang Yang Sesungguhnya Sedang Datang ke Dalam Dunia.

Pendeta Edwin Sardiana, S.Th dalam doa syafaatnya mendoakan para karyawan, presiden, dan jajarannya, walikota sampai Ketua RT. Edwin juga tidak lupa mendoakan bagi keselamatan bangsa dan negara indonesia, para korban bencana  dan lain sebagainya.

Sementara itu, mengawali sambutannya Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto mengucapkan selamat Natal kepada seluruh karyawan Kristiani Pemkot Yogyakarta. Walikota juga mengucapkan terima kasih karena selama 10 tahun berturut turut diundang untuk menghadiri perayaan natal bersama karyawan Pemkot Yogyakarta. Herry menambahkan perayaan natal tahun 2010 ini merupakan kehadirannya yang terakhir sebagai Walikota. " Tahun ini merupakan tahun terakhir saya hadir di perayaan natal bersama karyawan Pemkot Yogyakarta sebagai walikota. Namun saya akan sangat senang apabila tahun depan panitia natal mengundang saya dan ibu Dyah Suminar untuk hadir, meskipun waktu itu hanya sebagai tamu undangan biasa atau sebagai warga Yogayakarta," ujar Walikota disambut tepuk tangan meriah.

Walikota menambahkan saat ini masyarakat Indonesia sangat merindukan figur kepemimpinan yang memiliki sikap pelayanan yang penuh totalitas, integritas dan loyalitas yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.  Selain itu, masyarakat juga merindukan seorang pemimpin yang antra perkataan dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada Tuhan. Untuk itu, kepada karyawan Pemkot Yogyakarta, Walikota berpesan agar dalam bekerja, melayani masyarakat harus dilandasi dengan iman dan kasih.  Dengan demikian pelayanan yang diberikan akan menjadi bermakna  dan menjadi kekuatan yang luar biasa.

Walikota juga berterima kasih kepada segenap karyawan khususnya karyawan kristiani yang selama kurang lebih 10 tahun bekerja bersama dengannya  melayani warga Yogyakarta. Walikota berharap semangat kasih dan pelayanan yang selama ini sudah terjalin baik terus dijaga dan dipelihara untuk kesejahteraan warga Yogyakarta.

Selain itu, ketua panitia Natal Bersama Karyawan Kristiani, Ignatius Prayogo Sunaryo mengatakan perayaan natal tahun 2010 ini diisi dengan beberapa kegiatan yakni Bakti Sosial dan  ibadat  dan hiburan hiburan. Acara bakti sosial , panitia Natal memberikan batuan dua buah genset (generator listrik) bagi warga di wilayah Jogoyudan kelurahan Gowongan kecamatan Jetis Yogyakarta.  Selain itu, dilakukan pengumpulan dana pada saat pelaksanaan ibadat Natal dan dana yang dikumpulkan akan digunakan untuk kegiatan sosial.

Prayogo Sunaryo menambahkan, pelaksanaan natal karyawan di tahun mendatang akan melibatkan instansi di luar Pemkot. Untuk tahun ini, tambahnya, instansi diluar pemkot Yogyakarta baru diundang masing-masing 10 orang. Tahun depan akan melibatkan semua karyawan dari instansi lintas MUSPIDA.

Natal Bersama Karyawan dimeriahkan dengan paduan Suara Karyawan Pemkot Yogyakarta, ensamble musik Biola, Tari dan guyon maton ( lawak) dari seniman lawak Jonet dan Yu Beruk. (@mix/andar)