45 TAHUN SMAN 2 YOGYAKARTA

Usia yang ke-45 merupakan perjalanan panjang yang telah diwarnai berbagai keberhasilan, pengalaman dan evaluasi. SMAN 2 Yogyakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-45 pada Sabtu (31/07). Peringatan dilakukan dengan upacara bendera di Balaikota Yogyakarta yang diikuti oleh seluruh murid, guru, karyawan, mantan guru dan karyawan, komite sekolah dan alumni. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Walikota Haryadi Suyuti.

Sekolah sebagai lembaga pendidik harus mampu memberikan kepada anak didiknya ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan mengadopsi berbagai inovasi dan kemajuan jaman. Selain itu yang lebih penting lagi adalah membekali ketauladanan budi pekerti yang luhur agar anak didik mampu membentengi diri dari arus perubahan jaman yang tidak semua berpengaruh positif. Demikian dikatakan Wakil Walikota dalam amanatnya.

Haryadi berharap, keluarga besar SMAN 2 Yogyakarta mampu menunjukkan komitmennya mewujudkan pendidikan berkualitas. “Rasa syukur atas ultah yang ke-45 hendaknya terwujud dengan semakin banyaknya dihasilkan calon-calon ilmuwan, cendekiawan dan intelektual yang relevan dengan tuntutan dan kebutuhan bangsa,” ujarnya.

Haryadi juga mengajak anak-anak peserta didik untuk lebih giat belajar membekali diri dengan membentuk sikap, watak, dan kepribadian utama serta mempunyai kemampuan nalar, ketrampilan dan kekuatan fisik yang tangguh.

Upacara HUT ini juga diwarnai dengan pembagian hadiah lomba. Terpilih sebagai juara umum lomba pleton inti SMA tingkat propinsi DIY adalah SMAN 7 Yogyakarta. Komandan Tonti terbaik putra Arya Nur Ihsan dan terbaik putri Issara Okvia Dita keduanya dari SMAN 1 Yogyakarta. Juara pertama lomba Tonti Putra SMK Penerbangan dan putri SMAN 7 Yogyakarta. Juara pertama Tonti SMP putra adalah SMP Ngaglik Sleman, putrid SMPN 16 Yogyakarta. Komandan putra terbaik Novi Aditya SMPN 5 Yogyakarta dan putrid Elza Fairuza Dewi SMPN 8 Yogyakarta. Sedangkan dalam lomba basket keluar sebagai juara pertama putra SMPN 6 Yogyakarta dan putrid SMPN 6 Yogyakarta.

Terpilih sebagai guru favorit pada tahun ini adalah Ibu Pudji Respati dan Bapak Andri Asmara, karyawan favorit Bapak Puguh Kurniawan dan Ibu Tri Astuti. Siswa teladan terpilih adalah Bastian Widyatama, V. Apriliana DP, Niki Arini dan Alfonsus Andaru Widyaswara. Sebuah hadiah khusus juga diberikan oleh pihak sekolah kepada Bapak Pratjojo guru yang telah mengabdi di SMAN 2 Yogyakarta. (ism)