WALIKOTA JOGJA TAWARKAN XT SQUARE KE PESERTA APEKSI KE-7

Waktu  cukup singkat_ sekitar dua puluh menit_ yang disediakan panitia Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( APEKSI ) 2010 di Kota Bandung betul-betul dimanfaatkan Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto untuk memaparkan tentang potensi yang dimiliki Kota Yogyakarta dan Pembangunan dan Pengoperasian Pasar Seni dan kerajinan Yogyakarta (PSKY).

Dalam paparannya Walikota mengajak  seluruh anggota APEKSI untuk melakukan kerja sama dan membangun komunikasi antar anggota  dan memberi  informasi  tentang potensi yang dimiliki masing - masing daerah. Dikatakan, dalam era Otonomi Daerah, sinerjitas  antar daerah untuk saling  menawarkan dan memanfaatkan potensi masing-masing daerah sangat diperlukan. APEKSI menurut Herry, merupakan wahana komunikasi  yang sangat baik untuk saling memberi dan berbagi  hal terbaik yang dimiliki masing-masing  daerah untuk dikerjasamakan.

Dihadapan ribuan peserta rapat  kerja nasional APEKSI 2010, terdiri dari para Walikota, dan SKPD terkait di lingkungan Pemkot  yang memenuhi  Grand Ball Room Hotel Savoy Homann Kota Bandung , Selasa, (27/07 ) Herry  memaparkan tentang potensi Kota Yogyakarta dan Pembangunan serta Pengoperasian Pasar Seni dan kerajinan Yogyakarta.

Herry menjelaskan  saat ini Pemkot Yogyakarta sedang membangun sebuah pusat perbelanjaan yang dikelola secara profesional dan modern tetapi terjangkau untuk UKM dan UMKM.  Konsepnya, merupakan gabungan dari  what to see, what to eat dan what to buy. Pusat perbelanjaan yang memanfaatkan lahan eks terminal Yogyakarta  ini  diberi nama  XT SQUARE. XT Square (XT berasal dari kata Eks Terminal)  ini akan menyediakan sebuah zona atau kios  eksklusif yang  diberi nama Zoning Nusantara. Zona ini rencananya dapat disewa oleh Pemerintah Daerah untuk UMKM di wilayahnya. 

Ditambahkan  konsep yang ditawarkan di Zoning Nusantara ini tidak hanya meluluh berjualan produk tetapi menyediakan  ruang  informasi dan publikasi tentang potensi daerah, alamat usaha daerah, perusahan  dan lain sebagainya. Ini agak berbeda dengan menaruh barang di sebuah Supermarket  yang menurut Herry hanya bicara sisi penjualannya saja melainkan ada komunikasi ekonomi yang berkelanjutan.Yogyakarta XT Square akan dikelola dengan konsep Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan dikerjakan secara profesional. Herry berharap Zoning Nusantara dapat direspon dengan baik oleh Pemda dan pengusaha yang ada di nusantara ini.

Menurut informasi yang diterima dari bidang pemasaran usai Walikota Yogyakarta memberikan pemaparannya  sudah ada beberapa Pemda berminat untuk menjajaki kerjasama ini satu diantaranya  Pemda Kota Palembang.

Acara Rapat kerja Nasional APEKSI ke- 7 dilaksanakan  selama dua hari (Senin dan Selasa,26-27/07) bertempat di Gedung Merdeka dan Hotel Sovoy Homann, jl. Asia Afrika Kota Bandung dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri RI, H. Gamawan Fawzi yang sekaligus sebagai pembicara kunci(keynote speaker) . Hadir pula Menteri Perdagangan RI, Mari Elka Pangestu, Gubernur Jawa Barat, para Walikota yang tergabung dalam APEKSI dan tamu undangan. Rangkaian acara Apeksi juga diisi dengan  pameran potensi daerah yang dikemas dengan nama Indonesia City Expo di lapangan Gasibu yang berlangsung dari tanggal 25-30 Juli 2010.

Isu yang diangkat dalam Raker Apeksi ke-7 kali ini berkaitan dengan  Sistem remunerasi dan Penilaian Keinerja Pegawai, Peran Pemerintah Kota dalam menghadapi CAFTA, Kesiapan Daerah dalam Pengelolaan PBB dan PBHTB serta Rencana Aksi Daerah dalam menghadapi Perubahan Iklim.(@MIX)