Diklat Pim Jabar Lakukan Observasi di Pemkot

Peserta Diklatpim Tingkat III Angkatan IV Tahun 2010 Badan Diklat Provinsi Jawa Barat melakukan Observasi Lapangan di Pemerintah Kota Yogyakarta, Senin (26/7). Rombongan yang beranggotakan 38 orang ini diterima oleh Sekda Kota Yogyakarta Drs. Rapingun di Ruang Utama Atas Balaikota. Pimpinan rombongan Dra. Hj. Ati Purnomowati, M.T. mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk saling bertukar informasi mengenai pengelolaan sampah.

Rapingun mengatakan kedatangan peserta diklat ini menunjukkan banyaknya perhatian yang ditujukan pada pembangunan Kota Yogyakarta termasuk mengenai pengelolaan sampah. Masalah pengelolaan persampahan nampaknya sudah menjadi masalah yang klasik disetiap wilayah yang memiliki potensi pariwisata seperti halnya Kota Yogyakarta.

“Kota Yogyakarta sebagai kota wisata banyak memproduksi sampah, dalam hal pengelolaan sampah Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Bantul dan Sleman melalui Kartamantul,” ujar Rapingun.

Pemkot Yogyakarta bersama masyarakat melakukan berbagai hal untuk penanganan sampah ini. Seperti mengadakan lomba kebersihan tingkat RW, lomba kali bersih, pembentukan jejaring penanganan sampah terpadu, dan mengadakan pelatihan-pelatihan pengelolaan sampah secara komunal mandiri. Pemkot Yogyakarta juga aktif menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya pengelolaan sampah dan menjaga lingkungan sekitar. (dnd/lis)