Pesta Buku Jogja 2010

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DIY kembali menggelar pameran buku, Pesta Buku Jogja (PBJ) 2010. Kegiatan ini memiliki tema `Keluarga Membaca Bangsa Bercahaya` berlangsung 10-15 Maret 2010 di Gedung Jogja Expo Center (JEC). Wakil Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti melaunching buku raksasa yang merupakan kumpulan lukisan yang merupakan kumpulan kreativitas anak-anak pada lomba menggambar Pesta Buku Jogja tahun lalu. Sementara pembukaan pameran dilakukan oleh Bupati Bantul , Idham Samawi.


Dalam sambutannya Wakil Walikota mengungkapkan mendukung penuh kegiatan yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Maka Pemkot bersama IKAPI berusaha bagaimana buku mudah diperoleh dan untuk dibaca. Sebagai apresiasi kegiatan ini dibuat suatu buku raksasa yang bisa menampung kreatifitas sekitar 1000 anak-anak se DIY, yang menunjukkan buka tidak akan pernah lepas dari anak-anak Jogja. Dan budaya membaca akan lebih efektif jika dimulai dan terus dijaga dalam lingkungan terkecil yaitu, keluarga. Bila orang tua yang memiliki budaya baca otomatis anaknya akan mengikuti. Diharapkan dari buku yang dibaca dapat mendatangkan ilmu yang bermanfaat bukan hanya merupakan hiburan semata.

Ketua Panitia PBJ 2010, Listiyanto memaparkan, bahwa sejumlah permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini sering terjadi dalam masyarakat seharusnya bisa diminimalisir dengan kegiatan belajar dan membaca. Dalam rangka mengkampanyekan gerakan membaca bagi masyarakat dengan target pengunjung tahun ini adalah 10-15 ribu pengunjung perhari. Kali ini, PBJ 2010 menghadirkan sebanyak 500 peserta dan 105 stand dari anggota IKAPI di seluruh Indonesia. Dari jumlah peserta tersebut, sekitar 50 ribu buku setidaknya akan ditawarkan dalam pameran tahunan IKAPI DIY tersebut.(byu)