WALIKOTA BUKA MTQ TINGKAT KOTA TAHUN 2010

Iqra` adalah ayat pertama yang diturunkan. Ini bermakna yang wajib dibaca pertama kali adalah Al Qur`an karena Al Qur`an adalah sumber ilmu kehidupan, filosofi kehidupan yang harus kita jalani dengan konsekuen dilandasi dengan keimanan. MTQ adalah turunan dalam Implementasi dari Iqra` dimana Al Qur`an bisa dipandang dari berapa sudut dan kita maknai, termasuk diantaranya cara baca yang merupakan seni. Dan seni membaca Al Qur`an yang menyuguhkan keindahan ini dapat menjadi bagian dari syiar Islam. Pada tahap awal adalah hafalan untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian sambutan Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto dalam acara Pembukaan MTQ Tingkat Kota Yogyakarta 2010, Sabtu ( 27/02 ) bertempat di Pendopo Balaikota Yogyakarta.

Lebih lanjut Herry Zudianto mencontohkan Porprov, dimana Kota Yogyakarta sebagai tuan rumah juga menyabet juara umum. "Pada MTQ 2010 diharapkan Kota Yogyakarta menjadi juara umum. Ini tentunya harus didukung dengan latihan dan pembinaan yang baik. Diharapkan juara umum nantinya menjadi salah satu prestasi saat akhir jabatan saya saat masih menjabat sebagai Walikota" kata Harry Zudianto sebalum secara resmi membuka MTQ Tingkat Kota Yogyakarta 2010 dengan pemukulan bedug yang didampingi oleh Kapoltabes, Komandan Kodim 0743/Yka, Kepala Kantor Depag Yogyakarta dan Ketua LPTQ tingkat propinsi DIY. Rangkaian acara selanjutnya adalah penyerahan trophy dari LPTQ Kec Mantrijeron kepada Walikota Yogyakarta yang kemudian di serahkan kepada panitia MTQ.

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Drs. Rapingun bahwa pelaksanaan MTQ ini dengan ini dengan tujuan menanamkan kecintaan terhadap Al Qur`an bagi masyarakat Muslim di Yogyakarta, usaha meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur`an dalam rangka penghayatan pemahaman dan pengamalan isi kandungan alquran dalam kehidupan sehari-hari dan mempersiapkan MTQ tingkat Propinsi yang rencana akan dilaksanakan pada bulan April di kota Yogyakarta. Yang dilombakan adalah cabang MTQ dengan Golongan Peserta Dewasa putra dan putri  peserta 23 orang, golongan remaja putra dan putri dengan jumlah 22 orang, golongan anak-anak putra dan putri jumlah 21 orang, golongan anak kecil putra dan putri 14 orang dan tunanetra jumah peserta 3 orang.

Cabang MHQ golongan 1 juz dan tilawah putra dan putri dengan peserta 14 orang, Golongan 5 juz dan tilawah putra dan putri dengan peserta 11 orang, Golongan 10 juz dan tilawah putra dan putri dengan peserta 12 orang, Golongan 20 juz dan tilawah putra dan putri dengan peserta 12 orang dan golongan 30 juz dan tilawah putra putri dengan peserta 10 orang. Tafsir Qur`an golongan bahasa Arab putra dan putri 2 orang, golongan bahasa Indonesia putra dan putri 5 orang dan golongan bahasa Inggris putra dan putri 6 orang.

Cabang MHQ diikuti 9 regu sejumlah 27 peserta, Cabang MSQ diikuti 24 peserta yang terbagi dalam 8 regu dan Cabang MKQ diikuti 44 orang peserta. Sehingga jumlah total peserta adalah 250 orang. Kegiatan ini diikuti oleh 14 Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran tingkat kecamatan yang penyelenggaraannya dibiayai dengan APBD 2010. Tempat Pelaksanaan lomba adalah komplek balaikota termasuk area Masjid Diponegoro. (byu)