WAKIL WALIKOTA BUKA SARASEHAN SINERGISITAS KELEMBAGAAN

Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan sarasehan sinergisitas kelembagaan antar lembaga Pemerintah dan masyarakat baik di tingkat Kelurahan maupun tingkat Kecamatan, sarasehan yang diprakarsai oleh Bagian Tata Pemerintahan ini berlangsung di Ruang utama Balaikota Yogyakarta Senin (28/12). Sarasehan Sinergisitas Kelembagaan dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti.

Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Drs. Purwanto, sarasehan ini sebagai forum koordinasi dan penyamaan persepsi kedudukan, tugas dan fungsi kebijakan masing-masing lembaga. Kedua meningkatkan wawasan dan Pemahaman mengenai kebijakan kemitraan, tata hubungan anatar lembaga kemasyarakatan demi terwujudnya sinergitas kelembagaan dan yang ketiga merusmuskan langkah-langkah solusi dan tindak lanjut dalam rangka mewujudkan sinergitas anatar lembaga baik lembaga masyarakata maupun dengan Pemerintah baik di tingkat Kelurahan secara proposional dakam rangka membanguan dan pemberdayaan masyarakat menuju kesejateraan masyarakat. Sarasehan ini diikuti antara lain LPMK se-Kota Yogyakarta, BKM se- Kota Yogyakarta dan para Camat dan Lurah se- Kota Yogyakarta dan para SKPD terkait. Sementara itu narasumber penyaji diataranya adalah dari BKM dan Program Chanelling oleh Ir. Gatot Saptadi, dan nara sumber lainnya adalah Dra. Sri Adiyanti, Drs. H. Purwanto, Drs. Sugiyanto, serta moderator Drs.Bahrun Nawawi.

Sementara itu Drs.H.Haryadi Suyuti dalam sambutaanya mengatakan suatu proses pembangunan adalah ujung-ujungnya adalah partisipasi masyarakat, apa yang di lakukan Pemerintah nantinya dan target akan berhasi manakala timbul atau tumbuh partisipasi masyarakat. Salah satu partisipasi yang tumbuh adalah kita memiliki dua organisasi besar yang ada di Kelurahan sebagai patner pemerintahan dan semua itu dengan fungsinya masing-masing. Keberhasilan Pemerintah ini juga keberhasilan partisipasi dari masyarakat itu sendiri yang, semua itu juga tergantung akan kepercayaaan pemerintah kepada masyarakat, dan seluruh temen –temen baik yang ada di Kelurahan , kecamatan maupun rekan – rakan kerja di wilayah maupun di Balaikota adalah juga adalah sebagai pelayan masyarakat Kota Yogyakarta, yang semua itu nantinya muncul yang namanya `Partisipasi`. Dari Partisipasi inilah semua akan mudah dalam kita saling berkoordinasi saling kerja sama, saling merumuskan, saling koordinasi melalui seperti ini, kita gerakan di masyarakat dan keberhasilan disitulah kita akan menemukan. Saya juga mengaharapkan temen-teman yang ada di kecamatan bisa mengadakan rakor lagi di tingkat kecamatan karena ini suatu agenda penting sekaligus pertemuan silahtuhrohmi dan juga pertemuan- pertemuan yang sangat baik yang bisa menemukan solusi- solusi dan juga sebagai koordinasi antar Pemerintah dan masyarakat.( thos)