HUT KE-64 : KANDEPAG KOTA JOGJA BAGIKAN ZAKAT

Rangkaian HUT ke-64 Kantor Departemen Agama Kota Yogyakarta mengadakan  kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat sejak  tangal 14 Desember hingga 4 Januari 2010 mendatang. Salah satu  kegiatan tersebut adalah pentasyarufan (pembagian) zakat dan infaq pegawai, Selasa (22/12) di Halaman Kandepag Jl Ki Mangunsarkoro. Dana sebanyak Rp. 164.000.000,- (seratus enam puluh empat juta rupiah)  telah terkumpul dari zakat dan infaq pegawai Kandepag sepanjang tahun 2009 ini. Terdiri Rp. 140.000.000,- dana zakat dan infaq Rp. 24.000.000,-

`Sebelum disosialisasikan ZIS (Zakat Infaq Sodaqoh) setiap bulan kami hanya mampu mengumpulan 1-4 juta rupiah, namun setelah tersosialisasi dapat terkumpul hingga 15 juta perbulan`,utur Ketua ZIS (Zakat, Infaq, dan Sadaqah) Kantor Depag Kota Jogja Badaruddin. `Pentingnya zakat untuk membersihkan harta benda, sungguh bahagia orang yang bisa menunaikan zakat`, jelasnya. `Nantinya , kami akan mengupayakan pemanfaatan dana zakat ini untuk pemberdayaan masyarakat agar masyarakat yang selama ini masuk dalam kategori penerima zakat diharapkan akan beralih menjadi pembayar zakat`, jelas Badaruddin.

Dana tersebut ditasyarufkan dalam dua tahap. Pada semester ini bersamaan dengan kegiatan pemeriksaan gratis di Halaman Kandepag dilakukan pentasyarufan yang dikonsentrasikan untuk masyarakat kurang mampu di sekitar Lembah Code kelurahan Purwokinanti dan Gunungketur, serta Lembah Gajah Wong di Kelurahan Muja-muju.

Sedangkan tahap pertama telah dibagikan semester lalu untuk beasiswa pendidikan bagi pelajar kurang mampu yang bersekolah di Madrasah. Bantuan juga diberikan kepada penjaga/petugas kebersihan masjid dan madrasah di lingkungan Kandepag Kota Yogyakarta. Sedangkan untuk pentasyarufan infaq dilaksanakan secara insidentil meliputi bantuan kegiatan social keagamaan, santunan untuk musafir, dhuafa maupun ibnu sabil, bantuan untuk pembangunan masjid/musholla serta santunan untuk keluarga pegawai yang mendapat musibah.

`Rangkaian kegiatan HUT 64 ini nantinya akan ditutup dengan acara Tasyakuran. Kami akan mengundang para mantan kepala Kandepag dan purna tugas serta masyarakat sekitar`, pungkas Badaruddin. (ism)