Hj Tri Kirana Support PKK Kec Ngampilan

Dalam rangka memperingati Hari Ibu, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga PKK Kecamatan Ngampilan Yogyakarta menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya pada Jum`at (18/12) bertempat di Pendopo Kecamatan Ngampilan mengadakan lomba paduan suara diikuti 19 kelompok PKK RW se Kec Ngampilan  yang menyanyikan lagu wajib `Mars Ngampilan` dengan lagu pilihan `Mars PKK` dan `Jogjakarta Berhati Nyaman`.

Kelompok PKK RW 4 Ngampilan terpilih sebagai Juara I, disusul PKK RW 8 Ngampilan (Juara II) dan PKK RW 12 Ngampilan (Juara III). Sementara itu, PKK RW 3 Ngampilan meraih Harapan I dan PKK RW 2 Ngampilan sebagai Harapan II. Juara I menerima tropi dan uang pembinaan Rp 500.000,- Juara II Rp 400.000,- Juara III Rp 300 sedangkan  Harapan I dan Harapan II masing-masing menerima Rp 200.000,-. Tropi dan uang pembinaan berasal dari isteri Wakil Walikota Yogyakarta, Hj Tri Kirana Haryadi Suyuti.

Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Hj Tri Kirana Muslidatun, SPsi mengatakan, saat ini lomba paduan suara sangat semarak di kampung-kampung. Tri Kirana merasa bersyukur, karena kaum ibu memberikan respon yang cukup positif. Hal itu bisa dilihat dari antusiasme mereka saat mengikuti perlombaan. `Kegiatan gemar menyanyi di kalangan ibu-ibu merupakan satu upaya positif untuk penyegaran kaum ibu setelah seharian mengurusi rumah tangga. Memasuki usia lanjut, ibu-ibu biasanya mengalami penurunan kondisi fisik, penurunan kemampuan mental dan penurunan kemampuan pikir`, katanya.

Menurut Hj Tri Kirana, untuk memberi semangat dalam menjalankan tugas menata kehidupan keluarga serta mencegah penurunan kemampuan pikir atau pikun ini ini dapat diantisipasi dengan refreshing dan memperbanyak kegiatan menyanyi. `Tapi, jangan sampai ibu-ibu yang punya hobi menyanyi ini mengganggu dalam mengurus rumah tangga`,  katanya.

Lebih lanjut dikatakan, ibu sebagai penentu dalam rumah tangga maupun kader PKK di wilayah harus bisa memilih dan memilah apa yang harus dilakukan dalam aktivitas sehari-hari.