P2WKSS PURBAYAN MAJU KE TINGKAT PROPINSI

Kelurahan Purbayan Kecamatan Kotagede maju ke tingkat Propinsi dalam penilaian P2WKSS (Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) tahun 2009. Kelurahan Purbayan sebelumnya terpilih sebagai pelaksana program terpadu terbaik P2WKSS di Kota Yogyakarta. Tim penilai yang dipimpin oleh Suryantinah,BA,SIP,MM ini diterima oleh Walikota Yogyakarta Herry Zudianto di Pendopo Rumah Dinas Ketua DPRD di Kotagede, Rabu (4/10).

Program terpadu P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam dan lingkungan, untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa/kelurahan, dengan wanita sebagai penggeraknya.

Walikota menyambut baik dan menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan program P2WKSS di Purbayan. Menurutnya pemberantasan kemiskinana melalui pendekatan pemberdayaan perempuan dinilai akan lebih tepat, karena hal ini mampu mendorong upaya perempuan untuk lebih maju.

Sementara Suryantinah mengatakan, Pelaksanaan penilaian ini difokuskan untuk memperoleh gambaran efektifitas pelaksanaan, dampak program terhadap kesetaraan dan keadilan gender, serta peran, akses, control dan manfaat yang dirasakan perempuan beserta keluarga di desa/kelurahan. Selain itu juga memnerikan penghargaan kepada para pelaksana program terpadu P2WKSS untuk mendorong dan meningkatkan prestasinya dalam melaksanakan program tersebut. (ism)