WALIKOTA JOGJA DAN BENGKULU TANDATANGANI KESEPAKATAN KERJASAMA

Walikota Yogyakarta Herry Zudianto menandatangani kesepakatan kerjasama pembangunan antar daerah dengan Walikota Bengkulu Ahmad Kanedi di Balaikota Yogyakarta, Senin (2/10). Kesepakatan kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan terutama untuk meningkatkan pelayanan public, perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat dengan mendasarkan pelaksanaan pembangunan di Kota Yogyakarta dan Kota Bengkulu.

Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk mengadakan perencanaan kegiatan pembangunan antar daerah demi meningkatkan keterpaduan dalam pengelolaan berbagai program kegiatan pembangunan daerah, efisiensi, pemanfaatan dan pengembangan potensi dan sumber daya demi peningkatan pelayanan public, perekonomian daerah, serta kerjasama masyarakat. Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, kepariwisataan, dan beberapa bidang lain yang dibutuhkan.

Walikota Yogyakarta dalam sambutannya mengatakan, Kekuatan sebuah bangsa bisa dimulai dari kerjasama dan kesatuan antar daerah. Kebinekaan bila ditata dengan baik akan menghasilan potensi yang besar, sehingga kebinekaan akan terasa lebih indah dengan perbedaan yang ada.

Bersamaan dengan penandatanganan kerjasama tersebut dilaksanakan pula penyerahan petukaran pelajar sebanyak 20 siswa dari 10 Sekolah SMA/SMK di Bengkulu oleh Walikota Bengkulu kepada Walikota Yogyakarta. Pelajar Bengkulu ini akan berada di Kota yogyakarta selama 14 hari. Diharapkan mereka dapat menggali ilmu pengetahuan, budaya, tatakrama, sikap dan perilaku serta potensi daerah Yogyakarta yang pada akhirnya bisa diimplementasikan di Bengkulu. (ism)