KENALKAN PONTESI  WILAYAH, GEDONGKIWO GELAR JALAN SEHAT

Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto didampingi ibu Dyah Suminar Zudianto, Ibu Wakil Walikota  Tri Kirana  Haryadi Suyuti, Camat Mantrijeron Andi Sasongko beserta istri dan ibu lurah Gedongkiwo Ambarwati melakukan jalan sehat menyusuri jalan-jalan perkampungan dan sungai Winongo bersama   ratusan warga kelurahan Gedongkiwo, Minggu pagi (01/11).  Acara jalan sehat ini digagas kelompok pemuda Karang Taruna  Patriot kelurahan Gedongkiwo, Mantrijeron Yogyakarta.

Bambang Lesmono, ketua Karang Taruna Patriot kelurahan Gedongkiwo mengatakan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda (28/10) lalu pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Patriot mengadakan beberapa kegiatan antara lain jalan sehat keluarga,  bazaar kuliner, dan lomba mewarnai bagi PAUD.
 
Bambang menambahkan  kegiatan jalan sehat  yang melibatkan semua warga dari kampung Suryowijayan, Gedongkiwo dan Dukuh  ini bertujuan  memperkenalkan potensi yang ada di kelurahan Gedongkiwo. Menurutnya, banyak warga yang belum mengenal potensi yang ada di wilayahnya. Bahkan ada warga Gedongkiwo belum tahu batas – batas wilayahnya sendiri. “ Diharapkan dengan kegiatan jalan sehat dan beberapa kegiatan lainnya  warga dapat mengenal potensi-potensi yang dimiliki serta sesama warga bisa saling “srawung” dan saling mengenal satu sama lainnya,” ujar Bambang. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memperkenalkan keberadaan Karang Taruna Patriot kelurahan Gedongkiwo yang lahir 07 Januari 2008 lalu.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto mengajak masyarakat warga kelurahan Gedongkiwo untuk bahu membahu menggali seluruh potensi yang ada di wilayahnya.  Herry  mengatakan banyak potensi  yang dimiliki warga Gedongkiwo seperti usaha ekonomi produktif di bidang kuliner dan lainnya yang bisa digalakkan untuk menambah pendapatan keluarga.  Untuk mengangkat potensi ini, lanjut Herry,  dibutuhkan kebersamaan seluruh komponen warga dari anak, remaja, pemuda dan orangtua. 

Walikota juga berpesan agar pemuda dan seluruh warga Yogyakarta, dan Gedongkiwo khususnya meneladani semangat persatuan dan kesatuan  para pemuda yang dituangkan dalam sumpah pemuda, untuk bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia. Semangat bersatu ini harus ditanamkan pada seluruh  jiwa anak bangsa.

Menyinggung kegiatan pemuda, Walikota juga memuji kegiatan Karang Taruna Patriot yang telah merintis  usaha ekonomi produktif  beternak unggas. Dirinya berharap kegiatan beternak unggas ini terus dikembangkan dan mudah-mudahan  menghasilkan. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Untuk  kegiatan beternak unggas, Bambang menjelaskan,   sekarang ini  kelompoknya telah memelihara sekitar 250 ekor ayam petelur  dan 85 ekor itik.  Namun menurut Bambang  mereka masih terkendalapada pemasaran. “ Kami masih agak sulit  memasarkannya. Selama ini kami hanya menjual telur ayam dan itik kepada mereka yang menjadi kenalan kami saja,” tambah Bambang. Bambang juga mengeluhkan harga telur yang tidak menentu. Untuk itu, kedepan Bambang dan rekannya akan mencoba memelihara ayam pedaging.

Kegiatan jalan sehat, bazaar kuliner, dan lomba mewarnai  untuk PAUD di kelurahan Gedongkiwo  menarik perhatian  banyak warga karena panitia menyediakan banyak hadiah (doorprize) hiburan berupa sepeda onthel, televisi, voucher belanja di toko dan  dealer sepeda motor.  Pada kesempatan itu Walikota Yogyakarta  dan Wakil Walikota Yogyakarta menambah hadiah utama masing-masing berupa 1 buah sepeda. (@mix)