TMMD 2009 ditutup Wakil Walikota

Pemberdayaan masayarakat merupakan usaha untuk meningkatkan taraf hidup maka diperlukan perwujudan sifat kemandirian dan kesiapan menghadapi tantangan. Kemampuan masyarakat harus sentiasa ditingkatkan maupun kemampuan untuk mengenali kekuatan dan kelemahan diri sendiri, memperhitungkan kesempatan dan memilih berbagai alternatif yang ada untuk diimplementasikan pada masyarakat. Kepada pihak yang terlibat diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Demikian sambutan Gubernur DIY yang dibacakan Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Haryadi Suyuti dalam acara Upacara Penutupan Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap II Tahun 2009. Upacara berlangsung di Taman Parkir Abu Bakar Ali pada hari Kamis (29/10).

Program TMMD telah dilaksanakan di Kota Yogyakarta berdasarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang dilaksanakan secara komprehansif dan integral dengan melibatkan unsure terkait, sasaran yang telah dipilih dan diprioritaskan dalam rencana pembangunan daerah. Dan dalam pelaksanaannya melibatkan masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mempercepat akselerasi pembangunan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Demikian imbuh Wakil Walikota dalam sambutan tersebut sekaligus secara simbolis menutup TMMD dengan pemukulan gong.

Sumber dana TMMD adalah APBD Propinsi DIY dan APBD Kota Yogyakarta dengan melibatkan 117 personil dari instansi terkait dan dari masyarakat. Lokasi pelaksanaan TMMD “Sengkuyung” Tahap II TA 2009 di wilayah Kota Yogyakarta adalah Kelurahan Tegalpanggung, Danurejan. Waktu Pelaksanaan tanggal 9 sampai dengan 29 Oktober 2009 selama 21 hari. Sasaran Kegiatan Fisik yaitu
Pembuatan talud bronjong 125 M, rehab 5 unit rumah menjadi sehat, lantainisasi 3 MCK Umum pinggir sungai Code dan Rehab Masjid Istiqomah Ledok Tukangan RW 3.

Sasaran non fisik berupa sosialisasi penyuluhan tentang penanggulangan penyakit demam berdarah dan flu burung dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, penanggulangan limbah, kebersihan dan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup, Sosialisasi Perda PKL dari Disperindagkop Kota Yogyakarta, Sosialisasi Pekat dan Narkoba dari Poltabes dan Sosialisasi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi UU tentang KDRT dari Kantor Pemberdayaan Perempuan.

Setelah Upacara dilakukan peninjauan lokasi oleh Wakil Walikota didampingi Muspida dan Muspika. Dari Taman Parkir Abu Bakar Ali menuju lokasi, para hadirin menaiki sepeda. Tempat yang ditinjau salah satu rumah sehat yang dibangun TMMD, talud baru pinggiran Code dan masjid Istiqomah. Saat rombongan tiba di masjid Istiqomah, Wakil Walikota menyerahkan bantuan 1 juta rupiah dan Dandim 734, Letkol Inf Arudji Anwar SH juga menyerahkan bantuan 1 juta rupiah untuk memperlancar pembangunan masjid yang saat itu masih berlangsung dan masih memerlukan tambahan dana. Saat peninjauan itu pula, warga Tegalpanggung menyampaikan terimakasih pada para rombongan peninjau karena pelaksanaan proyek TMMD telah berjalan dengan lancar.(byu)