HUMAS KOTA JOGJA RAIH PENGHARGAAN

Humas Pemerintah Kota Yogyakarta berhasil meraih penghargaan tingkat nasional sebagai Juara I Profil Lembaga Pemda Audio Visual dan Juara I Website Pemerintah Daerah dalam Anugerah Media Humas 2009. Untuk itu Humas Pemkot Yogyakarta berhak menyandang sebagai Juara Umum Anugerah Media Humas 2009 Kategori Pemerintah Daerah. Penyerahan penghargaan bertempat di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Rabu (28/10) dalam Pertemuan BAKOHUMAS tingkat nasional tahun 2009.

Anugerah Media Humas 2009 yang diberikan oleh Depkominfo RI ini merupakan ajang apresiasi atas karya insan Humas dengan media komunikasinya yang kreatif. Tahun ini merupakan keempat kalinya diselenggarakan sejak tahun 2006.

Kegiatan lomba Anugerah Media Humas Tahun 2009 diikuti oleh 167 peserta instansi pusat dan daerah terdiri 48 Departemen dan Lembaga Negara, 77 Pemda, 21 BUMN, serta 21 Perguruan Tinggi Negeri. Hasil seleksi yang dilakukan oleh Tim Penilai Independent dari kalangan media dan pakar kehumasan, diperoleh kurang lebih 114 nominasi untuk juara I, II, III, IV dan V, dari 6 kriteria, yakni : Penerbitan Internal, Profil Lembaga (cetak), Profil Lembaga (audio visual), Laporan Tahunan Cetak; Website; dan Merchandise.

Pemberian anugerah sekaligus pertemuan tahunan BAKOHUMAS 2009 ini dihadiri lebih 500 orang terdiri para pejabat/petugas humas departemen instansi pusat, lembaga negara, BUMN, Perguruan Tinggi Negeri, Humas Provinsi dan Humas Kabupaten/Kota se-Indonesia. Tahun ini mengangkat tema Peran Humas Pemerintah Dalam Menyongsong Implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, Pada Tahun 2010. Tema ini diambil dalam rangka kesiapan para pejabat humas pemerintahan di seluruh Indonesia dalam melaksanakan amanat Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang akan efektif berlaku pada bulan April Tahun 2010.

Penyelenggaraan Pertemuan Tahunan BAKOHUMAS dilatarbelakangi oleh  pelaksanaan evaluasi kinerja Humas Pemerintahan seluruh Indonesia, sejauh mana kegiatan operasional humas pemerintah dalam satu tahun telah memberikan kontribusi bagi kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi internal dan eksternal. (ism).