FESTIVAL MAKANAN TRADISIONAL X KEMBALI DIGELAR

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KotaYogyakarta  kembali mengadakan Festival Makanan Tradisional (FMT) tahun 2009. Festival yang sudah menjadi   agenda tahunan  Dinas Pariwisata  dan Kebudayaan ini  akan digelar kompleks Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Minggu,(01/11).

Kepala Seksi Pengembangan Obyek dan Daya tarik Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Drs. Bysry Romley  menjelaskan festival ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan dan mengembangkan makanan tradisional. Menurut Bysry  FMT tahun 2009 kali ini merupakan festival makanan  yang kesepuluh  kalinya  digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Dijelaskan  FMT 2009 dibagi dalam dua kategori yakni profesional dengan jenis yang difestivalkan menu lengkap  dan non profesional dengan jenis yang difestivalkan meliputi menu lengkap, makanan kecil/snak dan minuman.

Lebih lanjut Bysry menjelaskan bahwa kategori profesional diperuntukan bagi kalangan profesional seperti Hotel, restoran, rumah makan, dan jasa boga/catering Sedangkan kategori Non Profesional diperuntukkan untuk umum atau bagi para pencinta makanan tradisional maupun pengrajin yang masih tergolong home industry.

”Festival ini memperebutkan hadiah total Rp 17.5 juta.  Diharapkan festival ini akan menjadi daya tarik bagi para pecinta makanan dan dapat manjadi salah satu alternatif pilihan bagi wisatawan untuk memperlama tinggal di Yogyakarta,” ujar  Bysry Romley.

Kriteria penilaian meliputi rasa, kemasan, porsioning dan hygenitas. Festival ini akn menghadirkan   dewan yuri / tim penilai dari APJI, JCA, FB Manager Hotel Bintang, PKMT UGM dan pengamat kehormatan.

”Selain itu event ini diharapkan  akan meningkatkan harkat makanan tradisional yang dimiliki Yogyakarta serta mendukung ekonomi berbasis kerakyatan. Kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk kampanye untuk kembali ke makanan tradisional,” tambah Bysry. Sebelum acara festival juga akan dilaksanakan seminar boga pada tanggal 28 Oktober 2009 dan sebagai acara pendukung akan digelar bursa kuliner pada tanggal 30 Oktober sampai 1 Nopember 2009 di kompleks Museum beteng Vredeburg Yogyakarta. Bysry menjelaskan  calon peserta yang akan mengikuti  festival dapat menghubungi panitia di Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kota Yogyakarta, Jl. Suroto  11 Kotabaru Yogyakarta atau menghubungi nomor telepon, 0274-588025 pada setiap hari dan jam kerja. ( @mix)