PEMKOT KUCURKAN DANA UNTUK TKA TPA

Pemerintah Kota Yogyakarta mengucurkan bantuan senilai 350 juta rupiah untuk 350 TPA/TKA se-Kota Yogyakarta, masing-masing akan menerima sebesar 1 juta rupiah. Bantuan juga diberikan kepada 14 Badko TKA TPA tingkat kecamatan sebesar 21 juta rupiah sehingga masing-masing akan menerima 1,5 juta rupiah. Sedangkan Badko tingkat kota juga diberikan dana bantuan sebesar 10 juta rupiah. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Sekda Kota Yogyakarta Drs Rapingun di Masjid Diponegoro Komplek Balaikota, Sabtu (17/10).

Selain itu bantuan juga akan diberikan kepada para ustadz dan ustadzah TKA TPA sebesar Rp.394.500.000,- untuk 2030 orang, sehingga masing-masing akan menerima sebesar 150 ribu rupiah. Bantuan ini direncanakan akan diterimakan pada tanggal 25 Oktober mendatang.

Muhsonef Ketua Badko TKA TPA Kota Yogyakarta berharap, dana bantuan yang diberikan ini akan dapat dimanfaatkan untuk mencerdaskan dan membimbing anak-anak generasi  Qur`ani di Kota Yogyakarta yang saat ini jumlahnya tercatat hingga 17 ribu anak santriwan santriwati. “Harapan saya pengembangan TKA TPA di Kota Yogyakarta akan dapat lebih optimal lagi dengan adanya perhatian khusus dari Pemkot Yogyakarta,” ujarnya.

Menurut Muhsonef, dana ini akan dimanfaatkan untuk peningkatakan SDM ustadz dan ustadzah, pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran, serta mendukung kegiatan administrasi agar lebih tertib.

Saat ini Badko TKA TPA Kota Yogyakarta merupakan satu-satunya di DIY yang telah melakukan penilaian akreditasi. Akreditasi ini bertujuan untuk memilih TKA TPA percontohan pada masing-masing kecamatan. Sebanyak 15 unit TKA TPA telah diakreditasi dengan hasil 7 unit tergolong tipe A dan 8 unit tergolong tipe B. Indikator penilaian akreditasi ini dilihat dari segi proses pembelajaran, system pengelolaan, dan administrasi keuangan.

Prestasi Badko TKA TPA Kota Yogyakarta cukup membanggakan, pada kejuaraan FASI DIY (Festival Anak Sholeh Indonesia), berhasil keluar sebagai juara umum 4 kali berturut-turut sejak 2005. Salah satu santri TKA TPA dari Kotagede juga berhasil menjuarai lomba pidato bahasa arab tingkat nasional hingga maju ke tingkat internasional. Selain itu pada 2008 lalu Walikota Yogyakarta Herry Zudianto juga menerima anugerah FASI VII di Jakarta atas sumbangsihnya dalam mendukung gerakan pembinaan dan pengembangan TKA TPA.

Pada kesempatan itu juga dilakukan launching penggalangan dana bantuan Gempa Sumatera Barat, telah terkumpul dana sebesar Rp.7.083.000,- dari keluarga besar TKA TPA Kota Yogyakarta. Badko juga masih membuka kesempatan kepada masyarakat luas yang akan menyalurkan dana bantuannya untuk Gempa Sumbar. (isma)