KONTES ROKET AIR  I TAMAN  PINTAR

Kontes Roket Air I Taman Pintar Yogyakarta 2009 diselenggarakan oleh Kantor Pengelolaan Taman Pintar Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2009 mulai pukul 08.00 sampai 16.30 WIB bertempat di lapangan Minggiran Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta ini, merupakan puncak dari rangkaian kegiatan-kegiatan mengenalkan dan menyampaikan ilmu dan teknologi roket air di Taman Pintar Yogyakarta.

Kontes Roket Air I Taman Pintar Yogyakarta diikuti oleh SMP dan SMA/K sederajat se- provinsi DI Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 22 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan 36 tim, dan 14 Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan 20 tim. Kabupaten Sleman diwakili 3 sekolah, Kabupaten Bantul diwakili 5 sekolah, Kabupaten Kulon Progo diwakili 3 sekolah, Kabupaten Gunung Kidul diwakili 2 sekolah, dan Kota Yogyakarta diwakili 23 sekolah.

Kontes Roket Air I Taman Pintar Yogyakarta dibuka secara simbolik dengan peluncuran 3 buah roket air yang dilakukan oleh Drs. Edy Heri Suasana, M.Pd. (Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar), Drs. Mulana Kesuma Tarigan (Kepala Seksi Pengembangan Keprograman Taman Pintar), dan Dr. Jayan Sentanuhady selaku perwakilan dari Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Dari Kontes yang terdiri dari 4 kategori ini, telah terpilih para juara jenjang SMP dan SMA/SMK sederajat, yang diharapkan di kemudian hari bisa mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan mengenai roket air di Indonesia. Juara-juara tersebut sebagai berikut :
Kategori SMA
Juara I         : SKIPEND-III (SMA N 1 Pajangan Bantul)
Juara II : Slim Aerospace (SMA N 2 Yogyakarta)
Juara III : Uncapital (SMA N 7 Yogyakarta)

Kategori Tembak Sasaran SMP
Juara I : Essawa Nozzle 1 (SMP N 1 Wates)
Juara II : SPELANTA (SMP N 9 Yogyakarta)
Juara III : Gawa Rocket (SMP N 5 Yogyakarta)

Kategori Vertikal SMP
Juara I : SMP N 1 Pandak (SMP N 1 Pandak Bantul)
Juara II : Sky Hawk (SMP N 4 Pakem Sleman)
Juara III : Samudera (SMP BOPKRI 1 Yogyakarta)

Kategori Disain dan Inovasi Roket Terbaik
Tim : Uncapital (SMA N 7 Yogyakarta)

Para pemenang Kontes Roket Air I Taman Pintar Yogyakarta untuk tingkat SMP sebanyak 6 tim akan dikirim mewakili DI Yogyakarta untuk mengikuti Kontes Roket Air Tingkat Nasional 2009 yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul, pada tanggal 29 Oktober 2009.